2008 TS PP KHAIRUL HAMDI 1-COVER.pdf
2008 TS PP KHAIRUL HAMDI 1-BAB1.pdf
2008 TS PP KHAIRUL HAMDI 1-BAB2.pdf
2008 TS PP KHAIRUL HAMDI 1-BAB3.pdf
2008 TS PP KHAIRUL HAMDI 1-BAB4.pdf
2008 TS PP KHAIRUL HAMDI 1-BAB5.pdf
2008 TS PP KHAIRUL HAMDI 1-PUSTAKA.pdf
Simulasi aliran lava merupakan fenomena yang rumit dan kompleks karena banyaknya parameter yang terlibat. Metoda yang digunakan untuk mensimulasikan aliran lava adalah pendekatan Lagrangian dengan menganggap lava sebagai fluida yang disusun oleh sistem partikel. Metoda Smoothed Particle Hydrodynamics (SPH) diimplementasikan untuk interaksi antar partikel yang menyusun komponen fluida. Parameter fisis yang dimiliki oleh fluida lava berbasis partikel adalah kerapatan, viskositas, tekanan, tegangan permukaan, suhu dan gaya eksternal.
Penggunaan metoda SPH memungkinkan sistem partikel dapat berinteraksi dengan obyek lain seperti terrain. Penentuan partikel tetangga terdekat menggunakan metoda staggered grid, fungsi smoothing kernel yang digunakan adalah kernel Spiky dan Poly6 yang tingkat kestabilan dan akurasi yang tinggi. Deteksi tumbukan antara partikel dan terrain menggunakan metoda Sphere Plane Sweep Test dan rendering karpet digunakan metoda quadtree. Aliran lava yang dihasilkan cukup realistis dan dapat mensimulasikan beberapa parameter fisis.