Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor penyumbang yang memajukan
perekonomian Indonesia. Sektor pariwisata memberikan dampak baik sebagai
sumber devisa maupun sebagai sumber perluasan kesempatan kerja dan peluang
usaha. Salah satunya adalah Kabupaten Purwakarta yang memiliki potensi
pariwisata dan ekonomi kreatif. Sayangnya, kunjungan wisata masih belum merata
dan didominasi oleh kunjungan keluarga dan kelompok wisata. Segmentasi
promosi dinilai belum cukup menggerakkan generasi muda untuk menjadikan
wisata alam Purwakarta menjadi tujuan wisatanya. Sedangkan generasi muda
merupakan generasi yang diharapkan menjadi penggerak ekonomi saat ini. Rentang
generasi muda saat ini ialah yang berkelahiran tahun 1995 – 2010, atau 12 – 27
tahun. Strategi promosi melalui media digital seperti social media dan website
sudah dilakukan, namun dinilai masih kurang memberikan motivasi wisata. Oleh
karena itu media digital yang digunakan dalam perancangan ini adalah adventure
tourism game karena pengalaman dan eksplorasi yang ditawarkan melalui dunia
virtual dinilai cocok untuk generasi muda khususnya berusia 18 – 25 tahun.
Game ini dirancang dengan menggunakan Iterative Game Design dengan
pendekatan motivasi wisata untuk menjadikan game sebagai media promosi
pendukung. Dilakukan perancangan konsep dengan melakukan kajian pustaka,
observasi, dan penyebaran kuesioner, lalu perancangan konsep game yang
dilakukan dengan iterative dan ujicoba prototype pada generasi muda yang
berdomisili di Jabodetabek. Game ini memberikan informasi serta pengalaman
virtual mengenai destinasi wisata di Purwakarta. Hasil dari prototype menunjukkan
bahwa perancangan adventure tourism game ini menarik, informasi destinasi wisata
yang disuguhkan mudah dikenal dan dipahami, serta menimbulkan motivasi untuk
berkunjung bagi generasi Z usia 18-25 tahun yang berdomisili di Jabodetabek.