digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP ANNISA NURRAHMANIA 1.pdf)u
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor penyumbang yang memajukan perekonomian Indonesia. Sektor pariwisata memberikan dampak baik sebagai sumber devisa maupun sebagai sumber perluasan kesempatan kerja dan peluang usaha. Salah satunya adalah Kabupaten Purwakarta yang memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Sayangnya, kunjungan wisata masih belum merata dan didominasi oleh kunjungan keluarga dan kelompok wisata. Segmentasi promosi dinilai belum cukup menggerakkan generasi muda untuk menjadikan wisata alam Purwakarta menjadi tujuan wisatanya. Sedangkan generasi muda merupakan generasi yang diharapkan menjadi penggerak ekonomi saat ini. Rentang generasi muda saat ini ialah yang berkelahiran tahun 1995 – 2010, atau 12 – 27 tahun. Strategi promosi melalui media digital seperti social media dan website sudah dilakukan, namun dinilai masih kurang memberikan motivasi wisata. Oleh karena itu media digital yang digunakan dalam perancangan ini adalah adventure tourism game karena pengalaman dan eksplorasi yang ditawarkan melalui dunia virtual dinilai cocok untuk generasi muda khususnya berusia 18 – 25 tahun. Game ini dirancang dengan menggunakan Iterative Game Design dengan pendekatan motivasi wisata untuk menjadikan game sebagai media promosi pendukung. Dilakukan perancangan konsep dengan melakukan kajian pustaka, observasi, dan penyebaran kuesioner, lalu perancangan konsep game yang dilakukan dengan iterative dan ujicoba prototype pada generasi muda yang berdomisili di Jabodetabek. Game ini memberikan informasi serta pengalaman virtual mengenai destinasi wisata di Purwakarta. Hasil dari prototype menunjukkan bahwa perancangan adventure tourism game ini menarik, informasi destinasi wisata yang disuguhkan mudah dikenal dan dipahami, serta menimbulkan motivasi untuk berkunjung bagi generasi Z usia 18-25 tahun yang berdomisili di Jabodetabek.