Article Details

SIMULASI LAJU ALIR MASSA BLOWDOWN BOILER DALAM MENJAGA KEANDALAN DAN EFISIENSI PLTU (STUDI KASUS DI PLTU OMBILIN UNIT 1)

Oleh   Odi Sefriadi [23117039]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. I Wayan Suweca, DEA;Prof. Dr. Rajesri, S.T., M.T.;Dr.-Ing. Willy Adriansyah, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FTMD - Teknik Mesin
Fakultas : Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
Subjek :
Kata Kunci : blowdown boiler, impurities, simulasi numerik, keandalan PLTU, efisiensi PLTU
Sumber :
Staf Input/Edit : D. Budina  
File : 0 file
Tanggal Input : 2020-03-05 10:41:56

Tidak ada file


Konsentrasi impurities di steam drum boiler merupakan faktor penting yang harus dijaga untuk mempertahankan keandalan PLTU. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan blowdown. Blowdown boiler dilakukan untuk mengalirkan keluar air dari steam drum. Laju alir massa dan durasi blowdown harus diatur dengan tepat karena jika berlebihan maka akan menurunkan efisiensi PLTU, sebaliknya jika kekurangan maka akan meningkatkan konsentrasi impurities di boiler. Untuk mengetahui laju alir massa dan durasi blowdown yang tepat, dilakukan simulasi dengan pendekatan menggunakan persamaan numerik. Simulasi dilakukan dengan menggunakan 3 skenario. Skenario pertama, simulasi dilakukan untuk menurunkan konsentrasi silika di steam drum yang sudah melebihi batasan amannya. Skenario kedua, simulasi dilakukan untuk mencegah konsentrasi silika di steam drum melebihi batasan amannya. Skenario ketiga, simulasi dilakukan untuk mengatasi jika terjadi kebocoran kondensor. Studi kasus pada penelitian ini dilakukan pada PLTU Ombilin, yang memperkuat sistem ketenagalistrikan di Pulau Sumatera, Indonesia. Pengaturan laju alir massa blowdown di PLTU Ombilin dilakukan setiap 4 jam sekali mengikuti jadwal analisa kimia pada laboratorium. Seluruh skenario didalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara simulasi pengaturan blowdown sesuai prosedur aktual di PLTU Ombilin terhadap hasil simulasi optimum pengaturan blowdown. Pada skenario pertama, didapatkan potensi penghematan energi selama 4 jam sebesar 71.011.836,9 kJ. Pada skenario kedua, diketahui bahwa konsentrasi silika di steam drum dapat dikendalikan tetap dibawah batasan amannya walaupun konsentrasi silika pada sistem feedwater boiler meningkat. Pada skenario ketiga, didapatkan laju alir massa dan timing pengaturan blowdown yang tepat dalam mengendalikan kebocoran kondensor.