digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Data master merupakan entitas bisnis inti yang digunakan oleh berbagai aplikasi yang ada di organisasi. Sebagai salah satu bentuk data yang penting dan juga digunakan secara bersama dalam sebuah organisasi, data master tidak hanya harus dikelola dengan baik, namun juga harus memiliki kualitas yang baik. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai organisasi pemerintah penyedia data statistik bagi masyarakat mempunyai kewajiban untuk menyajikan data statistik yang berkualitas dari hasil survei dan sensus yang dilakukan. Oleh karena itu, peningkatan kualitas data dan informasi yang dihasilkan wajib diperhatikan. Data master perusahaan merupakan salah satu data master yang ada di BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pengukuran kualitas data master perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan dimensi kualitas data. Pengukuran kualitas data master perusahaan pada BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur dilakukan dengan menggunakan enam dimensi pengukuran kualitas data dari DAMA, yaitu kelengkapan (completeness), keunikan (uniqueness), aktualitas/ketepatwaktuan (timeliness), validitas (validity), akurasi (accuracy), dan konsistensi (consistency). Pengukuran kualitas data master perusahaan pada BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana persentase kualitas data master dapat ditingkatkan berdasarkan enam dimensi pengukuran kualitas data dari DAMA. Peningkatan kualitas data master perusahaan pada BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur dilakukan dengan pembuatan data referensi dari data master perusahaan yang sudah ada dengan menggunakan metode pendekatan Bottom-Up. Hasil pengukuran kualitas data master menunjukkan terdapat peningkatan pada tiga dimensi kualitas data, yaitu kelengkapan (completeness) dari 16,67% menjadi 97,92%; keunikan (uniqueness) dari 16,67% menjadi 100%; dan validitas (validity) dari 83,33% menjadi 100%.