digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TS PP PEB RUSWONO ARYAN 1-COVER.pdf


2007 TS PP PEB RUSWONO ARYAN 1-BAB1.pdf

2007 TS PP PEB RUSWONO ARYAN 1-BAB2.pdf

2007 TS PP PEB RUSWONO ARYAN 1-BAB3.pdf

2007 TS PP PEB RUSWONO ARYAN 1-BAB4.pdf

2007 TS PP PEB RUSWONO ARYAN 1-BAB5.pdf

2007 TS PP PEB RUSWONO ARYAN 1-PUSTAKA.pdf

Abstrak : Sekarang ini animasi banyak diaplikasikan dalam bidang ilmiah dan bisnis ssebagai visualisasi, juga dalam bidang hiburan seperti pembuatan film dan game. Pembuatan animasi yang bersifat dinamis seperti animasi perilaku makhluk hidup dapat dipermudah dengan pemodelan perilaku pada model animasi. Pada Tugas Akhir ini dilakukan perancangan model animasi perilaku pada media interaktif yang bersifat dinamis dan fleksibel. Model animasi perilaku menentukan gerakan tiap objek animasi berdasarkan simulasi proses penalaran berbasis kaidah yang dilakukan oleh objek yang dimodelkan berdasarkan informasi yang didapat dari sensor buatan. Animasi yang dinamis didapat dari simulasi penalaran sehingga gerakan yang dihasilkan pada tiap waktu dapat berubah tergantung dari berbagai keadaan yang terlibat. Animasi yang fleksibel didapat dengan menerapkan model pemilihan perilaku menggunakan sistem kaidah pada media dua dimensi dan tiga dimensi. Pada tugas akhir ini dihasilkan rancangan perangkat lunak sistem animasi yang menggunakan model perilaku sebagai model animasi. Rancangan tersebut telah diimplementasi sebagai prototip untuk dilakukan evaluasi terhadap rancangan model animasi perilaku. Studi kasus perilaku yang dimodelkan adalah perilaku mengejar dan menghindar. Kata kunci : Behavioral animation, behavioral model, action-selection engine, Rule-based system, Interactive Animation, 3D Animation, 2D Animation.