digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Selama dua dekade terakhir, industri hiburan telah mengalami transisi signifikan dari format analog ke digital, didorong oleh kemajuan teknologi dan pandemi COVID-19, terutama dalam sektor gaming di mana format digital kini mendominasi. Meskipun game mobile terus berkembang, game PC dan konsol tetap terbatas oleh biaya hardware yang tinggi, terutama harga GPU dan komponen hardware berperforma tinggi lainnya. Untuk mengatasi keterbatasan ini, dalam proyek ini, diimplementasikan layanan cloud gaming untuk mengoptimalkan dan mengotomatisasi penyediaan VM menggunakan Proxmox, Packer, dan Terraform. Dilakukan juga pengujian beberapa jenis emulasi hardware untuk menentukan jenis emulasi yang paling cocok untuk gaming dalam VM. Pengujian pada sistem ini dilakukan menunjukkan bahwa VirtIO menyediakan antarmuka jaringan yang paling efisien, SCSI unggul dalam kinerja disk, dan Writeback disk caching menawarkan keseimbangan antara kinerja dan integritas data. Pengujian streaming gaming secara lokal menunjukkan hasil yang baik dalam hal performa gaming, sementara dalam kasus streaming melalui internet, meskipun tetap dapat dimainkan, menunjukkan peningkatan latensi dan frame drop. Penelitian ini menunjukkan potensi cloud gaming untuk menyediakan pengalaman gaming berkualitas tinggi dengan investasi hardware minimal, meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan pengguna dalam hiburan digital.