Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Produk X adalah layanan perbankan digital dari Bank X yang mengintegrasikan berbagai
layanan seperti Cash Management, Trade Finance, dan Investment Services dalam satu
platform untuk kemudahan nasabah usaha. Produk ini dioperasikan oleh Divisi Transaction
Banking dan telah mencapai lebih dari 100.000 pengguna hingga kuartal keempat tahun
2023. Dalam pasar yang sangat kompetitif, dengan pesaing besar seperti bank besar
Indonesia, mempertahankan nasabah menjadi sangat penting mengingat biaya akuisisi
nasabah baru yang tinggi dibandingkan dengan mempertahankan yang sudah ada.
Bank X menghadapi masalah churn, yaitu ketika nasabah menutup rekening atau rekening
menjadi dormant. Tingkat churn nasabah Produk X mencapai 16% per Juli 2023, yang
berada di atas rata-rata industri perbankan sebesar 10%. Ini menunjukkan kebutuhan
mendesak untuk evaluasi dan peningkatan strategi retensi nasabah. Analisis 5-Whys
mengidentifikasi kurangnya model prediksi churn sebagai akar masalah, menunjukkan
perlunya pendekatan berbasis data untuk memprediksi churn dan mengembangkan strategi
preventif.
Penelitian ini menggunakan metodologi CRISP-DM untuk mengembangkan model prediksi
churn dengan menganalisis data transaksi nasabah dari Januari hingga Juli 2023. Empat
algoritma utama—Decision Tree, Random Forest, Adaptive Boosting, dan XGBoost—
dievaluasi dan disempurnakan melalui hyperparameter tuning. Model XGBoost
menunjukkan performa terbaik dengan nilai accuracy 74.66%, precision 81.51%, recall
87.34%, dan F-score 84.32%. Prototipe sistem prediksi churn berbasis Streamlit juga
dikembangkan, memungkinkan pengguna untuk mengunggah data, melatih model, dan
memprediksi churn. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Bank X meningkatkan
retensi nasabah dan efisiensi manajemen hubungan pelanggan.