digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 SK PP FINAL PROJECT_GILBERT DAVID KURNIAWAN
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Setelah berakhirnya pandemi COVID-19, kesadaran masyarakat Indonesia, khususnya Gen-Z di Jawa Barat, terhadap produk kesehatan terus meningkat. Studi ini berfokus dalam mengembangkan strategi go-to-market untuk minuman Kombucha, untuk meningkatkan awareness dan penjualan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan konsumen Mayvit Kombucha, diolah menggunakan metode open, axial, dan selective coding. Hasilnya diintegrasikan ke dalam framework "Pirate Metrics" untuk merancang strategi yang tepat dan terukur. Temuan menunjukkan bahwa konsumen Mayvit sudah sadar akan industri minuman sehat dan Gen-Z juga memiliki literasi digital yang tinggi, membuat media sosial menjadi kanal informasi utama. Strategi ini juga menekankan pentingnya kerjasama dengan toko retail dan implementasi strategi retention serta affiliate untuk meningkatkan loyalitas dan penjualan. Mayvit disarankan mengimplementasikan strategi ini hingga tahun 2026 dengan target conversion rate 1% dari awareness ke pembelian dan akan terus meningkat setiap tahunnya, guna mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.