Penelitian pada Tugas Akhir ini membahas pemanfaatan generative artificial intelligence
untuk pembuatan chatbot AI sebagai asisten pembelajaran matematika. Pengujian
chatbot tersebut pada Tugas Akhir ini dibatasi pada materi aritmetika. Kehadiran
generative artificial intelligence menjadi suatu tantangan tersendiri dalam
bidang pendidikan saat ini. Pada bagian latar belakang dijelaskan bahwa chatbot
AI sebagai asisten pembelajaran matematika sebaiknya dapat memberikan petunjuk
bertahap secara interaktif. Penelitian pada Tugas Akhir ini menggunakan metode
prompt engineering, fine-tuning, dan Retrieval Augmented Generation (RAG)
pada model bahasa GPT-3.5 untuk pembuatan chatbot AI sebagai asisten pembelajaran
matematika. Metode prompt engineering yang dilakukan pada penelitian
ini menunjukkan bahwa pemberian konteks pertanyaan utama dan solusi bertahap
pada model GPT-3.5 dapat meningkatkan kualitas respons chatbot secara signifikan.
Pada Tugas Akhir ini, ditunjukkan bahwa akurasi model GPT-3.5 pada dataset
MultiArith adalah 96,03%. Dengan metode fine-tuning, akurasi model fine-tuned
GPT-3.5 pada dataset MultiArith adalah 99,48%. Selain itu, solusi bertahap yang
dihasilkan oleh model fine-tuned GPT-3.5 lebih terstruktur daripada model dasarnya.
Pada Tugas Akhir ini, juga dijelaskan pemanfaatan metode RAG untuk pengambilan
solusi bertahap dari dokumen yang telah dipersiapkan. Dengan penulisan
Tugas Akhir ini, penulis berharap penelitian ini dapat membantu guru dalam
membuat chatbot AI sebagai asisten pembelajaran matematika.