Penurunan jumlah pengunjung yang signifikan menunjukkan kebutuhan mendesak akan peningkatan strategis dan diferensiasi kompetitif untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Salah satu pendekatannya adalah dengan memanfaatkan dan meningkatkan pemasaran konten di media sosial secara efisien untuk meningkatkan kesadaran merek, citra merek, word of mouth, kepercayaan merek terhadap perusahaan, yang dapat meningkatkan loyalitas merek.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh pemasaran konten terhadap loyalitas merek di kalangan pengguna Lazada Indonesia, serta menguji peran mediasi kesadaran merek, citra merek, word of mouth, dan kepercayaan merek. Data penelitian ini diperoleh dari sampel sebanyak 200 responden yang merupakan pengguna Lazada Indonesia dan yang mengikuti serta membaca konten akun media sosial Lazada Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemasaran konten Lazada Indonesia berpengaruh positif terhadap kesadaran merek, citra merek, word of mouth dan kepercayaan merek di kalangan penggunanya.
Meski demikian, penelitian ini saat ini masih terbatas pada cakupan Lazada Indonesia. Oleh karena itu, disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk memasukkan perbandingan dengan platform e-commerce lain untuk memberikan perspektif lebih jauh.