digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-BAB1.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-BAB5.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-BAB6.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP INDRA LINGGA 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Abstrak: Perancangan pesawat terbang dilakukan dalam beberapa fase, salah satu fase tersebut adalah perancangan awal. Perancangan awal sendiri terbagi atas beberapa tahap. Salah satu diantaranya adalah tahap preliminary sizing. Pada tahap preliminary sizing dilakukan banyak perhitungan dan perhitungan-perhitungan tersebut dilakukan untuk merancang pesawat yang memenuhi kriteria performance dan regulasi yang berlaku. Karena banyak kriteria yang harus dipenuhi, maka perlu dilakukan optimasi untuk mendapatkan rancangan terbaik. Terdapat banyak metode optimasi untuk memecahkan berbagai permasalahan. Permasalahan preliminary sizing merupakan permasalahan optimasi non-linear, multivariabel, constrained, dan multiobjektif. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dengan kriteria tersebut adalah metode TOPS yang merupakan penggabungan dari metode Trade Off, Interior Penalty, dan Simplex. Proses optimasi preliminary sizing dilakukan dengan melakukan banyak perhitungan dan iterasi. Untuk mempercepat proses mendapatkan rancangan terbaik, perlu dibuat alat bantu (tools). Pada tesis ini, dibangun aplikasi perhitungan optimasi preliminary sizing yang diberi nama PrelimSizing. Aplikasi PrelimSizing dibangun dengan paradigma pengembangan perangkat lunak berorientasi objek (OOSE) dengan metode Rational Unified Process (RUP).