digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Gabriella
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Mempertahankan kinerja penjualan bisnis yang berkelanjutan sangat penting bagi perusahaan untuk mencapai strategi bisnisnya dan mencapai profitabilitas. Hal ini menyoroti peran vital departemen penjualan yang berperan dalam kesuksesan perusahaan, karena tim penjualan adalah penggerak utama pendapatan perusahaan. Penelitian ini mengeksplorasi optimalisasi produktivitas staf penjualan melalui studi kasus komprehensif pada divisi bisnis manajemen kekayaan Bank Oranye, dengan tujuan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh institusi tersebut di mana produktivitas penjualan menurun secara berturut-turut dalam beberapa tahun terakhir sejalan dengan penurunan pendapatan penjualan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan penyebab penurunan produktivitas penjualan dan mengidentifikasi alat untuk meningkatkan produktivitas penjualan. Lingkup penelitian terbatas pada bisnis manajemen kekayaan, produk kekayaan, pendapatan penjualan, dan manajemen penjualan internal Bank Oranye. Dengan menggunakan pendekatan studi komprehensif, penelitian ini menyelami aspek multifaset produktivitas, mencakup faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi produktivitas penjualan dalam mencapai kinerja pendapatan penjualan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian metode kualitatif dengan wawasan yang dikumpulkan dari wawancara dan observasi dengan pemangku kepentingan utama, manajer hubungan, dan manajer penjualan. Penelitian ini juga mengkaji tantangan yang dihadapi oleh bank di antara industri. Temuan penelitian mengungkapkan faktor-faktor seperti efektivitas penjualan yang rendah, efisiensi penjualan yang rendah, dan proses transaksi manual sebagai faktor-faktor penting dalam meningkatkan produktivitas penjualan dalam bisnis manajemen kekayaan. Penelitian ini mengidentifikasi hambatan kritis dan ketidakefisienan dalam proses transaksi penjualan yang ada. Berdasarkan wawasan yang dikumpulkan dari analisis, terungkap bahwa peran alat digital dan teknologi yang terintegrasi dengan sistem kekayaan dapat menyederhanakan proses penjualan dan penting dalam meningkatkan produktivitas penjualan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi bank dan industri serupa dalam menekankan perlunya menyelaraskan strategi penjualan digital dengan model proses penjualan. Wawasan tersebut tidak hanya menjawab masalah produktivitas penjualan saat ini, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan layanan operasional dalam keterlibatan pelanggan secara digital. Temuan penelitian ini menawarkan strategi implementasi digital bagi Bank Oranye untuk meningkatkan produktivitas penjualan mereka.