digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

El Fram merupakan perusahaan mula yang menjual produk jus cold press. Saat ini, El Farm menghadapi masalah dalam menentukan level produksi beserta mengurangi limbah barang setengah jadi atau produk jadi karena El Farm tidak memiliki prakiraan permintaan dan perencanaan produksi yang sesuai. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prakiraan potensial permintaan yang layak dan perencanaan produksi yang sesuai dengan keadaan kapasitas El Farm. El Farm menargetkan pasar pada orang berumur dari 20-49 tahun yang hidup di area Bandung, dengan total populasi 1,254,039. Untuk membuat prakiraan permintaan, kami menyebarkan survey ke 274 reponden. Data yang terkumpul akan dianalisa menggunkan metode statistic untuk mengestimasi permintaan pasar. Setelah itu, kami menganalisa perencanaan kapasitas termasuk kapasitas desain, kapasitas effektif, pemanfaatan dan keefekttifan. Penulis juga melakukan benchmark untuk menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan produksi. Hasil prakiraan permintaan bersama dengan konsid kapasitas dan data benchmark akan diolah untuk menentukan tingkat produksi jus cold press di El Farm. Setelah itu, kami akan mengaplikasikan metode transportasi untuk perencanaan agregat untuk menentukan biaya paling effisien lalu mengaplikasikan metode tersebut kedalam strategi perencanaan produksi di El Farm. Hasil dari penelitian ini adalah kami menemukan bahwa pasar sangat potensial untuk produk jus cold press. Kapasitas desain El Farm adalah 53 botol/hari dengan waktu kerja reguler dan 63 botol/hari dengan waktu lembur. Sedangkan kasitas efisien El Farm adalah 42 botol/hari dengan waktu kerja reguler dan 55 botol/hari dengan waktu kerja lembur. Tetapi kondisi pemanfaatan dan keefektifan dari kapasitas hanya 8.5% dan 10.7%. Berdasarkan prakiraan potensi permintaan, kapasitas dan hasil benchmark, El Farm membuat dua perencanaan aggregate. Perencanaan pertama merupakan rencana produksi mingguan tanpa implementasi aktivitas pemasran dengan total produksi 260 botol/minggu, rencana kedua merupakan rencana mingguan saat El Farm mengimplementasikan aktivitas pemasaran dengan total produksi 288 botol/minggu. Hasil dari penilitian ini akan digunakan sebagai referensi untuk menciptakan perencanaan produksi yang dapat meminimalisir biaya dan limba. Penilitian ini juga bertujuan menjadi referensi untuk penelitian lain di insudtri jus cold press.