digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Aditya Subhakti
PUBLIC Irwan Sofiyan

Infrastruktur publik memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Salah satu bidang utama yang menjadi fokus pembangunan dalam perkembangan ekonomi adalah infrastruktur jalan tol. Keberadaan pembangunan jalan tol memiliki dampak langsung dan tidak langsung secara negatif ataupun positif terhadap sosial, ekonomi dan lingkungan di sekitarnya. Dengan dampak yang dihasilkan, timbul reaksi pro dan kontra dari masyarakat terhadap pembangunan jalan tol. Terdapat 21,2 juta pengguna sosial media Twitter/X di Indonesia. Twitter/X merupakan sosial media yang menawarkan penyebaran informasi secara cepat secara micro-blogging dengan tiap penggunanya dapat membuat pesan singkat maksimal 280 karakter (tweet). Dengan adanya reaksi masyarakat pada sosial media tentang infrastruktur khususnya jalan tol, maka dapat dilakukan analisis sentimen untuk menemukan celah dan tantangan penelitian yang berharga untuk kontribusi pengetahuan akan keberlanjutan dalam pembangunan jalan tol. Analisis sentimen merupakan bidang studi yang menganalisis opini dari sebuah data teks dengan menggunakan proses Natural Language Processing (NLP). NLP merupakan bidang ilmu dari Artificial Intelligence (AI) dengan menerapkan Machine Learning (ML). Dalam analisis sentimen, teks dibagi menjadi klasifikasi positif, netral dan negatif. Digunakan machine learning dengan metode klasifikasi Naïve Bayes untuk klasifikasi sentimen dari data teks tweet. Dampak pada aspek sosial antara lain terhambatnya aksesibilitas masyarakat sekitar, terbukanya mobilitas, alih fungsi lahan pemukiman, alih fungsi lahan mata pencaharian dan menaikkan lahan pekerjaan. Dampak pada aspek ekonomi yaitu meningkatkan aktivitas ekonomi antar wilayah, berkembangnya kawasan bisnis, memicu pertumbuhan kawasan perumahan, mendorong pengembangan pariwisata dan penghematan waktu transportasi. Dampak pada aspek lingkungan yaitu memangkas luas lahan pertanian, mengurangi daerah resapan air, memotong jalur irigasi, gangguan bising, pencemaran udara, meningkatkan aliran air permukaan, gangguan terhadap cagar alam, serta perubahan vegetasi dan tanah. Diperoleh tweet dengan kata kunci “jalan tol” pada Twitter/X dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 sebanyak 899.296 tweets. Dilakukan text cleaning untuk menghapus link/URL, mention, hashtag (#), emoji, tanda baca, angka, kata dasar (stopwords) dan kalimat atau kata yang terduplikat pada keseluruhan data teks tweet dengan menggunakan RStudio. Didapatkan jumlah tweet yang telah bersih sejumlah 494.616 tweets. Pembuatan model machine learning diawali dengan membuat base data, yaitu melakukan pelabelan manual sentimen (manual labeling) dengan bantuan 5 partisipan sebanyak 25.808 tweets. Pembuatan machine learning dilakukan pada RStudio dan diperoleh model machine learning untuk klasifikasi sentimen dengan akurasi 97,3% benar dan sesuai dengan berdasarkan pemahaman atau sentimen manusia, model ini digunakan untuk mengklasifikasi sentimen keseluruhan 494.616 tweets. Hasil sentimen dibuat ke dalam bentuk grafik timeseries kemudian dikelompokkan ke dalam poin dampak pembangunan jalan tol berdasarkan studi literatur. Dilakukan analisis berdasarkan waktu atau event penting dan analisis per poin dampak. Proses analisis menggunakan barchart serta menggunakan wordcloud untuk melihat topik yang direaksikan masyarakat pada waktu atau dampak tersebut. Diperoleh fishbone diagram untuk menganalisis sebab-akibat sentimen positif dan negatif yang terjadi di masyarakat. Setelah dilakukan analisis didapatkan kesimpulan bahwa sentimen masyarakat terhadap jalan tol mengalami fluktuasi dari positif ke negatif seiring berjalannya waktu. Faktor dari sentimen positif adalah bahwa jalan tol dapat memicu pertumbuhan ekonomi dengan berkembangnya kawasan bisnis serta memicu pengembangan pariwisata, membuka mobilitas antar wilayah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya lahan pekerjaan dan kawasan properti baru, mengintegrasi antar infrastruktur publik lainnya, dan kepuasan terhadap pelayanan/operasional. Faktor dari sentimen negatif masyarakat terhadap jalan tol adalah terhambatnya aksesibilitas masyarakat sekitar, isu pembebasan lahan akibat hilangnya sumber mata pencaharian serta kurangnya kompensasi dan edukasi, isu sosial yang berasal dari kesenjangan, perubahan budaya dan ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah, isu lingkungan akibat berkurangnya lahan hijau serta terjadinya bencana alam, dan ketidakpuasan terhadap pelayanan/operasional. Didapatkan temuan berdasarkan topik yang paling banyak direaksikan oleh masyarakat adalah aspek ekonomi, hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pembangunan infrastruktur jalan tol terhadap pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, dan topik yang sedikit direaksikan adalah aspek lingkungan yang menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap dampak jalan tol kepada lingkungan masih rendah, khususnya pada isu pencemaran udara, suara dan perubahan kontur tanah. Evaluasi dan usulan yang didapatkan dari penelitian ini antara lain dari sisi perencanaan, yaitu memberi perhatian lebih terhadap akses pejalan kaki serta mobilitas masyarakat sekitar untuk meminimalisir keluhan pejalan kaki yang terganggu akibat pembangunan jalan tol dan menerapkan pembangunan jalan tol yang sustainable untuk menghindari permasalahan lingkungan, serta memberi perhatian lebih pada jalur irigasi jalan tol dan lereng untuk meminimalisir banjir dan longsor yang dapat menghambat operasional jalan tol. Dari sisi sosialisasi, yaitu melakukan sosialisasi tentang jalur alternatif bagi masyarakat sekitar dan memberi penjagaan lebih pada ruas jalan tol untuk menghindari terjadinya kecelakaan pejalan kaki di jalan tol. Pada isu pembebasan lahan, perlu cara pendekatan lebih untuk melakukan edukasi akan manfaat jangka panjang jalan tol, diperlukan komunikasi efektif dua arah antar pemerintah dan masyarakat yang terdampak untuk meminimalisir pihak yang merasa dirugikan dari aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Proses dan hasil dari analisis sentimen dapat melihat secara gambaran besar akan reaksi publik terhadap pembangunan jalan tol. Dengan melihat hasil dari reaksi publik dengan grafik visual khususnya awan kata dan fishbone diagram, akan mudah sebagai perencana atau pihak pengambil keputusan untuk menarik kesimpulan tentang apa yang menjadi perhatian publik sebagai pengguna infrastruktur jalan tol, kemudian dapat ditarik langkah tepat untuk menanggapi sentimen tersebut. Proses analisis sentimen dapat membantu secara tepat dan cepat dalam proses pengambilan keputusan baik bagi pihak perencana atau pemelihara jalan tol.