Infrastruktur publik memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi suatu
negara. Salah satu bidang utama yang menjadi fokus pembangunan dalam
perkembangan ekonomi adalah infrastruktur jalan tol. Keberadaan pembangunan
jalan tol memiliki dampak langsung dan tidak langsung secara negatif ataupun
positif terhadap sosial, ekonomi dan lingkungan di sekitarnya. Dengan dampak
yang dihasilkan, timbul reaksi pro dan kontra dari masyarakat terhadap
pembangunan jalan tol. Terdapat 21,2 juta pengguna sosial media Twitter/X di
Indonesia. Twitter/X merupakan sosial media yang menawarkan penyebaran
informasi secara cepat secara micro-blogging dengan tiap penggunanya dapat
membuat pesan singkat maksimal 280 karakter (tweet). Dengan adanya reaksi
masyarakat pada sosial media tentang infrastruktur khususnya jalan tol, maka dapat
dilakukan analisis sentimen untuk menemukan celah dan tantangan penelitian yang
berharga untuk kontribusi pengetahuan akan keberlanjutan dalam pembangunan
jalan tol. Analisis sentimen merupakan bidang studi yang menganalisis opini dari
sebuah data teks dengan menggunakan proses Natural Language Processing
(NLP). NLP merupakan bidang ilmu dari Artificial Intelligence (AI) dengan
menerapkan Machine Learning (ML). Dalam analisis sentimen, teks dibagi menjadi
klasifikasi positif, netral dan negatif. Digunakan machine learning dengan metode
klasifikasi Naïve Bayes untuk klasifikasi sentimen dari data teks tweet.
Dampak pada aspek sosial antara lain terhambatnya aksesibilitas masyarakat
sekitar, terbukanya mobilitas, alih fungsi lahan pemukiman, alih fungsi lahan mata
pencaharian dan menaikkan lahan pekerjaan. Dampak pada aspek ekonomi yaitu
meningkatkan aktivitas ekonomi antar wilayah, berkembangnya kawasan bisnis,
memicu pertumbuhan kawasan perumahan, mendorong pengembangan pariwisata
dan penghematan waktu transportasi. Dampak pada aspek lingkungan yaitu
memangkas luas lahan pertanian, mengurangi daerah resapan air, memotong jalur
irigasi, gangguan bising, pencemaran udara, meningkatkan aliran air permukaan,
gangguan terhadap cagar alam, serta perubahan vegetasi dan tanah.
Diperoleh tweet dengan kata kunci “jalan tol” pada Twitter/X dari tahun 2018
sampai dengan tahun 2022 sebanyak 899.296 tweets. Dilakukan text cleaning untuk
menghapus link/URL, mention, hashtag (#), emoji, tanda baca, angka, kata dasar
(stopwords) dan kalimat atau kata yang terduplikat pada keseluruhan data teks tweet
dengan menggunakan RStudio. Didapatkan jumlah tweet yang telah bersih sejumlah
494.616 tweets. Pembuatan model machine learning diawali dengan membuat base
data, yaitu melakukan pelabelan manual sentimen (manual labeling) dengan
bantuan 5 partisipan sebanyak 25.808 tweets. Pembuatan machine learning
dilakukan pada RStudio dan diperoleh model machine learning untuk klasifikasi
sentimen dengan akurasi 97,3% benar dan sesuai dengan berdasarkan pemahaman
atau sentimen manusia, model ini digunakan untuk mengklasifikasi sentimen
keseluruhan 494.616 tweets. Hasil sentimen dibuat ke dalam bentuk grafik timeseries
kemudian dikelompokkan ke dalam poin dampak pembangunan jalan tol
berdasarkan studi literatur. Dilakukan analisis berdasarkan waktu atau event
penting dan analisis per poin dampak. Proses analisis menggunakan barchart serta
menggunakan wordcloud untuk melihat topik yang direaksikan masyarakat pada
waktu atau dampak tersebut. Diperoleh fishbone diagram untuk menganalisis
sebab-akibat sentimen positif dan negatif yang terjadi di masyarakat.
Setelah dilakukan analisis didapatkan kesimpulan bahwa sentimen masyarakat
terhadap jalan tol mengalami fluktuasi dari positif ke negatif seiring berjalannya
waktu. Faktor dari sentimen positif adalah bahwa jalan tol dapat memicu
pertumbuhan ekonomi dengan berkembangnya kawasan bisnis serta memicu
pengembangan pariwisata, membuka mobilitas antar wilayah, meningkatkan
kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya lahan pekerjaan dan kawasan properti
baru, mengintegrasi antar infrastruktur publik lainnya, dan kepuasan terhadap
pelayanan/operasional. Faktor dari sentimen negatif masyarakat terhadap jalan tol
adalah terhambatnya aksesibilitas masyarakat sekitar, isu pembebasan lahan akibat
hilangnya sumber mata pencaharian serta kurangnya kompensasi dan edukasi, isu
sosial yang berasal dari kesenjangan, perubahan budaya dan ketidakpuasan
terhadap kebijakan pemerintah, isu lingkungan akibat berkurangnya lahan hijau
serta terjadinya bencana alam, dan ketidakpuasan terhadap pelayanan/operasional.
Didapatkan temuan berdasarkan topik yang paling banyak direaksikan oleh
masyarakat adalah aspek ekonomi, hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat
terhadap pentingnya pembangunan infrastruktur jalan tol terhadap pertumbuhan
ekonomi cukup tinggi, dan topik yang sedikit direaksikan adalah aspek lingkungan
yang menunjukkan kesadaran masyarakat terhadap dampak jalan tol kepada
lingkungan masih rendah, khususnya pada isu pencemaran udara, suara dan
perubahan kontur tanah. Evaluasi dan usulan yang didapatkan dari penelitian ini
antara lain dari sisi perencanaan, yaitu memberi perhatian lebih terhadap akses
pejalan kaki serta mobilitas masyarakat sekitar untuk meminimalisir keluhan
pejalan kaki yang terganggu akibat pembangunan jalan tol dan menerapkan
pembangunan jalan tol yang sustainable untuk menghindari permasalahan
lingkungan, serta memberi perhatian lebih pada jalur irigasi jalan tol dan lereng
untuk meminimalisir banjir dan longsor yang dapat menghambat operasional jalan
tol. Dari sisi sosialisasi, yaitu melakukan sosialisasi tentang jalur alternatif bagi
masyarakat sekitar dan memberi penjagaan lebih pada ruas jalan tol untuk
menghindari terjadinya kecelakaan pejalan kaki di jalan tol. Pada isu pembebasan
lahan, perlu cara pendekatan lebih untuk melakukan edukasi akan manfaat jangka
panjang jalan tol, diperlukan komunikasi efektif dua arah antar pemerintah dan
masyarakat yang terdampak untuk meminimalisir pihak yang merasa dirugikan dari
aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Proses dan hasil dari analisis sentimen dapat
melihat secara gambaran besar akan reaksi publik terhadap pembangunan jalan tol.
Dengan melihat hasil dari reaksi publik dengan grafik visual khususnya awan kata
dan fishbone diagram, akan mudah sebagai perencana atau pihak pengambil
keputusan untuk menarik kesimpulan tentang apa yang menjadi perhatian publik
sebagai pengguna infrastruktur jalan tol, kemudian dapat ditarik langkah tepat
untuk menanggapi sentimen tersebut. Proses analisis sentimen dapat membantu
secara tepat dan cepat dalam proses pengambilan keputusan baik bagi pihak
perencana atau pemelihara jalan tol.