digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Zalina Fatima Azzahra [23521020].pdf
PUBLIC Dessy Rondang Monaomi

Manajemen layanan teknologi informasi merupakan suatu kemampuan organisasi dalam memberikan layanan teknologi informasi kepada pelanggan. Proses manajemen layanan teknologi informasi menjadi hal yang penting untuk organisasi agar dapat tetap kompetitif dan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Pada penelitian ini organisasi yang digunakan adalah sebuah universitas yang memiliki Direktorat Pusat Teknologi Informasi yang bertugas dan bertanggungjawab dalam memberikan layanan terkait teknologi infomasi kepada seluruh entitas organisasi. Layanan yang tersedia yaitu layanan infrastruktur TI, layanan pengembangan sistem informasi, layanan permintaan data dan layanan lain untuk mendukung berjalannya proses bisnis. Proses manejeme SLA pada organisasi saat ini dilakukan dengan mengirimkan dokumen SLA melalui email kepada masing-masing bagian. Manajemen SLA saat ini mengalami kendala untuk mengelola pencatatan SLA karena dokumen berada pada email yang terpisah dan diperlukan adanya proses pemantauan untuk SLA. Sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan smart contract. Penerapan smart contract pada manajemen SLA memiliki beberapa keuntungan yaitu dapat memperbaiki prosedur manajemen insiden, aturan SLA sudah dinyatakan dengan jelas dan dapat mengurangi kesalahfahaman antar pihak yang terlibat, oleh karena itu penelitian ini akan mengembangkan sistem smart contract dengan bahasa pemrograman solidity dan menggunakan jaringan blockchain private untuk menjaga privasi dan keamanan data SLA. Hasil penelitian ini akan menunjukkan proses manajemen SLA menggunakan smart contract dan melakukan manajemen SLA dengan proses yang lebih terstruktur untuk meningkatkan kualitas manajemen layanan TI.