digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sepeda motor telah menjadi alat transportasi yang penting untuk menunjangkegiatan kehidupan masyarakat Indonesia. Industri sepeda motor di Indonesia telahtumbuh selama lebih dari 50 tahun, sebagian dari mereka berbentuk perusahaan“joint venture” dengan merek yang berasal dari negara lain. Salah satu kunci faktor sukses yang penting bagi perusahaan untuk dapat mempertahankan usahanya adalahmelakukan pengembangan produk yang dapat diterima pasar, Cepatnya perubahan; lingkungan, pengguna, teknologi dan lainnya, menjadi tantangan yang membutuhkanperhatian dan cara penanganannya yang serius dalam mengembangkan produk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk pola pengelolaan strategi produkyang sesuai dalam proses pengembangan desain sepeda motor berdasarkanpengalaman para narasumber. Metoda penelitian menggunakan Qualitative In-DepthInterview terhadap beberapa narasumber yang memiliki pengalaman langsung dalamproses penyusunan strategi dan perencanaan produk serta proses pengembanganproduk khususnya desain pada perusahaan industri sepeda motor di Indonesia. Metoda analisa menggunakan metoda analisa SWOT, merit - demerit dan analisakaji banding. Hasil temuan menunjukan adanya perbedaan bentuk perusahaanmempengaruhi pola proses strategi produk dalam pengembangan desain padaindustri sepedamotor yang berbeda di Indonesia.