digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP FAIRUZ SYIFA IFTINAN 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Perubahan perilaku belanja yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 menyebabkan banyak sekali permasalahan khususnya untuk para pedagang dan penjual yang biasa menjajakan dagangannya secara langsung. Banyak sekali adaptasi yang perlu dilakukan oleh para pedagang pasar tradisional dengan segala keterbatasan sarana dan pra sarana yang ada, khususnya digitalisasi setelah pandemi. Pasar Cibogo adalah salah satu pasar tradisional kecil yang bertahan di tengah ketatnya persaingan perdagangan di Kota Bandung. Fenomena terikatnya kegiatan ekonomi dan kekeluargaan yang terjadi pada komunitas Pasar Cibogo adalah aspek penting yang yang menjadi inisiasi ide utama dalam perancangan ini. Untuk menjaga keberlanjutan pasar diiringi dengan motivasi untuk memajukan Komunitas Pasar Cibogo yang didukung oleh program pemerintah dalam revitalisasi digitalisasi pasar, fasilitas digital training centre dirancang dengan pendekatan berbasis komunitas yang edukatif dalam rangka meningkatkan pengetahuan digital untuk diterapkan kepada komunitas pasar. Konsep yang digunakan pada rancangan aktivitas terinspirasi dari aspek sosial dan budaya dari komunitas yang tercermin pada kegiatan pasar di ruas jalan Pasar Cibogo dimana ‘keterikatan’ dan ‘kekeluargaan’ menjadi 2 sumber utama dari konsep. Metode yang digunakan pada penelitian berupa studi literatur, dan pengambilan data lapangan berupa survei lapangan, wawancara dan observasi lapangan.