digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia dikenal sebagai salah satu pasar mobil bekas terbesar di Asia Tenggara. Showroom mobil yang digunakan di Indonesia banyak dan beragam, ada yang fokus pada satu merek mobil, ada yang fokus pada kelas menengah ke bawah, ada yang fokus pada kelas menengah ke atas, dan ada yang menyediakan semua jenis mobil. Salah satunya Showroom PQR, Walaupun Showroom PQR mampu menghasilkan penjualan yang begitu besar, namun keuntungan yang dihasilkan oleh showroom PQR tidak sebanding dengan jumlah modal yang ditanamkan. Untuk meningkatkan keuntungan, kami mengusulkan solusi menggunakan analisis deskriptif dan analisis preskriptif menggunakan K-Means. Kami juga melakukan simulasi dengan membandingkan penjualan pada tahun-tahun yang ada dengan hasil analisis deskriptif dan preskriptif yang telah dilakukan terhadap keuntungan yang diharapkan. Hasil menunjukkan bahwa perbandingan simulasi dengan data yang kami peroleh dari analisis deskriptif dan preskriptif memberikan keuntungan yang diharapkan terbaik dibandingkan dengan hasil penjualan awal di Showroom PQR. Hal ini menunjukkan bahwa data yang menggunakan deskriptif dan K-Means lebih baik dari sebelumnya. Mobil tercepat yang terjual adalah LCGC dengan rata-rata hari terjual adalah 134,5 hari. Mobil yang paling dicari adalah MPY Toyota Avanza dan keuntungan terbaik yang bisa dihasilkannya adalah SUV Toyota Fortuner.