digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219077 Muhammad Hanif A. Nasution.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Peningkatan kebutuhan layanan TI membuat perpindahan fokus pindah menjadi perencanaan strategis dan pengembangan layanan TI. Banyak organisasi melakukan transformasi teknologi agar tetap relevan dan sukses di era serba digital. Direktorat Teknologi Informasi (DTI) Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan organisasi penyedia layanan TI hadir sebagai salah satu penyedia layanan TI yang berfokus pada kampus ITB. Dalam pemberian layanan, DTI ITB harus dapat menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada para penggunanya. Manajemen Tingkat Layanan (SLM) pada Manajemen Layanan Teknologi Informasi (ITSM) dapat menjadi solusi dalam menjaga kualitas layanan. Salah satu komponen utama pada SLM adalah Perjanjian Tingkat Layanan (SLA). SLA adalah persetujuan tingkat layanan yang ditetapkan pada layanan-layanan yang disediakan oleh sebuah organisasi. Saat ini, DTI ITB tidak memiliki SLA yang mengatur standar tingkat layanan dari seluruh layanan yang diberikan. Dengan menggunakan kerangka berpikir InfoSys Research Group, akan dibuat SLA yang sesuai dengan standar ITSM pada ITIL. Perancangan SLA dilakukan dengan diawali identifikasi lingkup. Kemudian perancangan dilanjutkan dengan penentuan metrik. Terakhir, perancangan diakhiri dengan penurunan kesenjangan dan pembuatan SLA. Hasil dari tahap pembuatan SLA berfokus kepada penentuan metrik final, penentuan proyek untuk menurunkan kesenjangan tingkat layanan, dan pembuatan SLA. Hasil tahap pembuatan sudah memenuhi ekspektasi dan kelayakan untuk diterapkan pada DTI ITB sesuai dengan penilaian yang dilakukan.