Konsep gelombang merupakan konsep penting dalam pembelajaran fisika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu instrumen six-tier
diagnostic test disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) dan
menggunakannya untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep dan
miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian pengembangan dengan jumlah sampel 220 siswa. Data
miskonsepsi diperoleh dengan memberikan tes miskonsepsi berupa soal pilihan
ganda. Terdapat 32 soal dengan 6 tahapan yang terdiri dari konten pilihan ganda,
tingkat keyakinan dalam memilih jawaban, sumber pilihan jawaban, pilihan alasan
dalam menjawab pertanyaan, tingkat keyakinan dalam memilih alasan, dan sumber
alasan peserta didik dalam menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa persentase siswa yang memahami konsep pada keseluruhan soal adalah
30%, 34% siswa tidak memahami konsep dan 36% siswa mengalami miskonsepsi.
Selain itu, dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam pemilihan jawaban dan
alasan jawaban sebesar 61% bersumber dari pendapat pribadi siswa. Kesimpulan
yang diperoleh adalah miskonsepsi yang terjadi diakibatkan oleh kesalahan siswa
dalam aplikasikan konsep yang diterima ke dalam soal yang diberikan, dan siswa
cenderung memilih jawaban dan alasan yang tepat ketika soal yang diberikan
dilengkapi dengan gambar dan hanya membutuhkan satu langkah untuk
mendapatkan jawaban yang benar