digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP KAYLA KHALDA NUR 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada anak yaitu melalui kegiatan-kegiatan yang memerlukan komunikasi, salah satunya adalah English Storytelling. Karena bahasa Inggris bukan bahasa utama di Indonesia, seringkali ditemukan anak-anak yang bercerita tanpa paham alur cerita yang mereka sampaikan. Salah satu upaya agar anak mendalami cerita yaitu dengan melibatkan mereka dalam merangkai cerita. Demi membantu anak memahami cerita, dirancang paket belajar yang dapat melibatkan anak dalam merangkai cerita. Rancangan paket belajar ditargetkan kepada anak-anak sekolah dasar kelas 4 hingga 6 karena dalam jangka usia ini anak-anak sudah cukup diperkenalkan dengan bahasa Inggris. Paket belajar menggunakan media kartu bergambar dan papan tempel. Paket belajar memberikan tiga alat yang berfungsi untuk mengenalkan, mengingat kembali, dan bercerita. Pemilihan media kartu dan papan digunakan agar media belajar tidak dalam bentuk media literasi namun mengarah kepada mainan edukasi. Proses riset dalam perancangan ini diawali dari mengumpulkan kajian literatur terkait rencana perancangan. Dilanjutkan dengan wawancara kepada ahli seperti guru bahasa Inggris dan orang yang pernah melakukan kegiatan ini di masa kanak-kanak. Dilakukan pula wawancara dengan ahli bahasa rupa anak untuk mempelajari komunikasi visual dengan anak. Hasil kajian literatur dan wawancara kemudian dianalisa. Paket belajar membutuhkan target dengan pembimbing demi mendorong dan membimbing anak dalam bercerita dalam bahasa Inggris. Perancangan diharapkan dapat membangun proses belajar English Storytelling yang kreatif.