digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Strategi harga adalah faktor sensitif yang harus diperhatikan dalam resiko bisnis sebuah perusahaan, bukan hanya karena memberikan dampak secara langsung untuk mempertahankan keuntungan tetapi juga sangat penting untuk keberlanjutan sebuah perusahaan terutama untuk perusahaan baru. Penelitian ini akan menekankan mengenai pengaruh lokasi terhadap strategi harga. Strategi harga dan penilaian lokasi harus diintegrasikan untuk menemukan solusi yang matang bagi perusahaan. Dalam penelitian ini studi kasus akan dilakukan pada Bakso Bakar Kacamata Hitam (disingkat Bakso Bakar KMH). Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan kuliner baru di Indonesia yang menjual bakso bakar. Perusahaan ini berencana membuka toko ritel baru. Penilaian lokasi dapat membantu memahami konsumen dan kompetitor di sekitar lokasi. Mudah-mudahan hasil dari penelitian ini dapat memberi rekomendasikan strategi harga terbaik berdasarkan penilaian lokasi kepada perusahaan. Ada dua strategi alternatif yang akan dinilai dalam penelitian ini. Setiap strategi alternatif akan dinilai dengan indeks resiko untuk menunjukkan strategi alternatif mana yang lebih baik untuk perusahaan. Hasil dari penilaian lokasi dan analisa balik modal akan menjadi faktor penentu untuk indeks resiko. Strategi alternatif dengan indeks resiko terendah akan direkomendasikan ke perusahaan. Hasil menunjukkan bahwa keputusan terbaik yang harus diambil perusahaan dari antara dua strategi alternatif tersebut adalah strategi alternatif kedua dengan resiko menengah, namun perusahaan masih memiliki pilihan untuk tidak menggunakan lokasi tersebut dan mencari lokasi lain karena hasil penilaian lokasi yang tidak memuaskan serta resiko yang masih dalam tahap menengah. Semoga susunan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan untuk menilai kasus yang serupa dan membantu perusahaan meminimalisir resiko bisnisnya.