2007 TS PP ANDANG ISKANDAR 1-COVER.pdf
2007 TS PP ANDANG ISKANDAR 1-BAB1.pdf
2007 TS PP ANDANG ISKANDAR 1-BAB2.pdf
2007 TS PP ANDANG ISKANDAR 1-BAB3.pdf
2007 TS PP ANDANG ISKANDAR 1-BAB4.pdf
2007 TS PP ANDANG ISKANDAR 1-BAB5.pdf
2007 TS PP ANDANG ISKANDAR 1-PUSTAKA.pdf
Abstrak:
Besarnya selisih tingkat bunga deposito dibandingkan bunga tabungan, menyebabkan BNI melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran produk tabungan diperlukan guna menyeimbangkan proporsi alokasi pemberian suku bunga salah satunya lewat iklan cetak RDR. Iklan cetak RDR BNI Taplus merupakan satu-satunya iklan BNI yang menggunakan idiom masyarakat tertentu. Di satu sisi, iklan memberikan kesadaran palsu bagi konsumennya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami unsur tanda, relasi tanda dan sistem tanda foto iklan cetak BNI. Pendekatan yang digunakan yaitu semiotika struktural dengan analisis teks. Semiotika struktural merupakan suatu metode analisis untuk mengkaji struktur tanda.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bentuk dan susunan foto iklan dari struktur tanda foto iklan RDR. Tanda visual (visual sign) durian berbuah uang merupakan tanda artifisial (artificial signs). Penandaan tingkatan pertama ini menciptakan perbedaan (difference) kelompok nasabah. Mitos dan idiom durian runtuh digunakan BNI untuk kepentingan tertentu yaitu menambah nasabah baru dan meningkatkan pendapatan. Ditemukan juga relasi perbedaan (difference) yang diperoleh dari relasi antar sistem tanda yaitu hubungan kausal, persamaan kelas magnoliopsida dan relasi asosiasi.