COVER Muhammad Isnain Al Rizqi
PUBLIC  BAB 1 Muhammad Isnain Al Rizqi
PUBLIC  BAB 2 Muhammad Isnain Al Rizqi
PUBLIC  BAB 3 Muhammad Isnain Al Rizqi
PUBLIC  BAB 4 Muhammad Isnain Al Rizqi
PUBLIC  BAB 5 Muhammad Isnain Al Rizqi
PUBLIC  PUSTAKA Muhammad Isnain Al Rizqi
PUBLIC 
Mitra Bukalapak didirikan pada tahun 2017 sebagai anak perusahaan dari
Bukalapak. Mitra Bukalapak adalah platform B2B yang mendigitalkan 13,1 juta
Warung atau Kios untuk dapat menjual produk fisik, virtual, keuangan, dan
logistik. Secara keseluruhan produk Mitra Bukalapak memiliki pangsa pasar
mayoritas di pasar offline-to-online di Indonesia sebesar 42%. Produk layanan
keuangan Mitra Bukalapak adalah pembayaran QRIS untuk memungkinkan
pelanggan membayar menggunakan e-wallet atau mobile banking di Warung,
pengiriman uang lokal, isi ulang uang elektronik, aplikasi dan pembayaran bank
digital, dan investasi emas. Produk jasa keuangan terbukti membantu perusahaan
menjadi lebih berkelanjutan, misalnya Google, Amazon, GoTo, dan Grab. Jenis
produk ini membantu agen Mitra Bukalapak untuk memiliki akses inklusi
keuangan, begitu juga dengan pelanggannya. Lebih dari 70% UMKM tidak
memiliki akses kredit dan lebih dari 50% masyarakat Indonesia tidak memiliki
rekening bank. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa di
kota-kota berkembang mengalami pertumbuhan agen Mitra Bukalapak tertinggi.
Rendahnya indeks inklusi keuangan di wilayah tersebut dianggap sebagai faktor
terbesar.
Permintaan untuk memiliki produk jasa keuangan sangat tinggi. Dengan situasi
saat ini, Bukalapak dapat mulai mengidentifikasi potensi penghasil pendapatan
baru bagi perusahaan. Kuesioner telah dikirimkan ke lebih dari 300 agen Mitra
Bukalapak dan wawancara kepada internal stakeholder telah dilakukan. Analisis
VRIO digunakan untuk mengidentifikasi keunggulan Mitra Bukalapak
dibandingkan dengan kompetitor. Analisis data dilakukan melalui analisis
kualitatif dan kuantitatif dan ditemukan 3 strategi bisnis yang potensial bagi
perusahaan. Analisis external kemudian dilakukan dengan menggunakan
framework STP marketing strategy, marketing mix 7P, dan Porter Five Forces.
Mengembangkan portofolio produk baru bisa menjadi salah satu pilihan,
memanfaatkan pasar baru dan berkonsentrasi pada pasar dengan pertumbuhan
tinggi di kota berkembang untuk produk-produk finansial dan menaikkan take
rate dapat menjadi jalan Mitra Bukalapak menuju profitabilitas.