digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Mitra Bukalapak didirikan pada tahun 2017 sebagai anak perusahaan dari Bukalapak. Mitra Bukalapak adalah platform B2B yang mendigitalkan 13,1 juta Warung atau Kios untuk dapat menjual produk fisik, virtual, keuangan, dan logistik. Secara keseluruhan produk Mitra Bukalapak memiliki pangsa pasar mayoritas di pasar offline-to-online di Indonesia sebesar 42%. Produk layanan keuangan Mitra Bukalapak adalah pembayaran QRIS untuk memungkinkan pelanggan membayar menggunakan e-wallet atau mobile banking di Warung, pengiriman uang lokal, isi ulang uang elektronik, aplikasi dan pembayaran bank digital, dan investasi emas. Produk jasa keuangan terbukti membantu perusahaan menjadi lebih berkelanjutan, misalnya Google, Amazon, GoTo, dan Grab. Jenis produk ini membantu agen Mitra Bukalapak untuk memiliki akses inklusi keuangan, begitu juga dengan pelanggannya. Lebih dari 70% UMKM tidak memiliki akses kredit dan lebih dari 50% masyarakat Indonesia tidak memiliki rekening bank. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa di kota-kota berkembang mengalami pertumbuhan agen Mitra Bukalapak tertinggi. Rendahnya indeks inklusi keuangan di wilayah tersebut dianggap sebagai faktor terbesar. Permintaan untuk memiliki produk jasa keuangan sangat tinggi. Dengan situasi saat ini, Bukalapak dapat mulai mengidentifikasi potensi penghasil pendapatan baru bagi perusahaan. Kuesioner telah dikirimkan ke lebih dari 300 agen Mitra Bukalapak dan wawancara kepada internal stakeholder telah dilakukan. Analisis VRIO digunakan untuk mengidentifikasi keunggulan Mitra Bukalapak dibandingkan dengan kompetitor. Analisis data dilakukan melalui analisis kualitatif dan kuantitatif dan ditemukan 3 strategi bisnis yang potensial bagi perusahaan. Analisis external kemudian dilakukan dengan menggunakan framework STP marketing strategy, marketing mix 7P, dan Porter Five Forces. Mengembangkan portofolio produk baru bisa menjadi salah satu pilihan, memanfaatkan pasar baru dan berkonsentrasi pada pasar dengan pertumbuhan tinggi di kota berkembang untuk produk-produk finansial dan menaikkan take rate dapat menjadi jalan Mitra Bukalapak menuju profitabilitas.