COVER Mirshaan Falyanzhuri Irzanto
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Mirshaan Falyanzhuri Irzanto
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Mirshaan Falyanzhuri Irzanto
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Mirshaan Falyanzhuri Irzanto
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Mirshaan Falyanzhuri Irzanto
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Mirshaan Falyanzhuri Irzanto
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Mirshaan Falyanzhuri Irzanto
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Pertumbuhan penggunaan kendaraan setiap tahunnya tanpa disertai
perkembangan infrastruktur yang memadai menyebabkan peningkatan jumlah
kecelakaan lalu lintas. Salah satu upaya untuk mengurangi dampak dari kecelakaan
adalah dengan penggunaan crashbox. Namun penggunaan crashbox hanya efektif pada
kecepatan yang relatif rendah, oleh karena itu munculah inovasi untuk meningkatkan
kemampuan crashbox dalam menyerap energi yaitu dengan memberikan pola lipatan
pada permukaan crashbox, atau disebut sebagai origami crashbox. Origami crashbox
memiliki performa yang lebih baik dibanding crashbox konvensional, namun memiliki
kelemahan yaitu kesensitifan terhadap ketidaksempurnaan geometri dan kurangnya
konsistensi dalam mencapai modus deformasi yang diinginkan, yaitu diamond collapse
mode.
Origami crashbox yang digunakan memiliki geometri penampang dasar
berbentuk persegi dan penampang tengah berbentuk persegi delapan, pola lipatan
tersebut diberikan sebagai transisi antara dua geometri penampang. Pada studi ini akan
diuji origami crashbox pada pembebanan aksial dengan variasi jumlah unit lipatannya,
dimana pola tersebut dilipat dari pelat logam dengan ukuran yang seragam. Dalam studi
parametrik jumlah lipatan origami crashbox akan dinotasikan sebagai perbandingan
tinggi satu unit lipatan dengan natural folding length dari crashbox persegi
konvensional dengan ukuran yang sama, yaitu (????/2????) . Selain itu akan diuji juga
pengaruh sudut lipatan dengan performa crashbox, dengan sudut lipatan dinotasikan
sebagai perbandingan tinggi satu unit dengan panjang sisi penampang segi delapan,
yaitu sebagai (????/????), kemudian akan didapatkan formulasi mean crushing force dari
origami crashbox yang berupa fungsi dari ketebalan (????) dan sudut lipatan (????/????). Pada
penelitian ini akan diperoleh juga rentang nilai (????/2????) pada origami crashbox yang
memberikan performa serta konsistensi terbaik.