Penelitian ini menghadirkan game edukasi sebagai media alternatif pengenalan
dasar tipografi untuk siswa SMK DKV. Tuntutan industri serta kebijakan
pemerintah tentang standar kompetensi keahlian mengharuskan lembaga
pendidikan dan pendidik untuk adaptif dalam menyikapi tantangan tersebut.
Secara spesifik, keilmuan dasar tipografi memang baru dipelajari secara
mendalam di perguruan tinggi. Materi yang disampaikan mencakup sejarah,
anatomi, klasifikasi dan karakteristik huruf serta dasar perancangan huruf. Meski
demikian, penting kiranya materi tersebut juga dipelajari di tingkat menengah
kejuruan. Mengingat standar lulusan yang diproyeksikan untuk siap kerja,
penguasaan keahlian praktik yang didukung pemahaman teori menjadi hal yang
penting untuk dipelajari mengingat tidak ada mata pelajaran yang secara khusus
membahas tipografi. Dengan demikian diperlukan media yang mampu untuk
mengakomodasi pembelajaran aktif dan mandiri tanpa terbatas waktu jam
pelajaran. Game edukasi pada perangkat mobile merupakan salah satu media yang
dirasa mampu untuk menghadirkan pengalaman belajar yang diperlukan untuk
pengenalan dasar tipografi di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah mixed method untuk pengumpulan data dan metode DPE Framework.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh secara kualitatif dan kuantitatif, hasil
analisis menunjukkan bahwa pada jenjang pendidikan SMK DKV hanya
mempelajari sebagian kecil dari materi yang dipelajari di perguruan tinggi,
terbatasnya waktu belajar dan porsi materi yang sedikit menjadi alasan dari hal
tersebut. Kemudian, analisis perbandingan terhadap kebutuhan belajar dan
kendala yang di alami di perguruan tinggi menjadi titik tolak yang menjadi dasar
perancangan konten game. Game dengan pendekatan transformative learning
yang dirancang mampu menjadi gamifikasi untuk dapat mempelajari materi yang
bersifat teori dan praktik secara bersamaan. Luaran dari penelitian ini dapat
dipergunakan sebagai media pendukung guna menambah muatan materi dasar
tipografi bagi siswa SMK program keahlian DKV di luar jam pembelajaran.