digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP MUHAMAD RIDHA AGUSTIANDHY 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Penelitian ini menghadirkan game edukasi sebagai media alternatif pengenalan dasar tipografi untuk siswa SMK DKV. Tuntutan industri serta kebijakan pemerintah tentang standar kompetensi keahlian mengharuskan lembaga pendidikan dan pendidik untuk adaptif dalam menyikapi tantangan tersebut. Secara spesifik, keilmuan dasar tipografi memang baru dipelajari secara mendalam di perguruan tinggi. Materi yang disampaikan mencakup sejarah, anatomi, klasifikasi dan karakteristik huruf serta dasar perancangan huruf. Meski demikian, penting kiranya materi tersebut juga dipelajari di tingkat menengah kejuruan. Mengingat standar lulusan yang diproyeksikan untuk siap kerja, penguasaan keahlian praktik yang didukung pemahaman teori menjadi hal yang penting untuk dipelajari mengingat tidak ada mata pelajaran yang secara khusus membahas tipografi. Dengan demikian diperlukan media yang mampu untuk mengakomodasi pembelajaran aktif dan mandiri tanpa terbatas waktu jam pelajaran. Game edukasi pada perangkat mobile merupakan salah satu media yang dirasa mampu untuk menghadirkan pengalaman belajar yang diperlukan untuk pengenalan dasar tipografi di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method untuk pengumpulan data dan metode DPE Framework. Berdasarkan hasil data yang diperoleh secara kualitatif dan kuantitatif, hasil analisis menunjukkan bahwa pada jenjang pendidikan SMK DKV hanya mempelajari sebagian kecil dari materi yang dipelajari di perguruan tinggi, terbatasnya waktu belajar dan porsi materi yang sedikit menjadi alasan dari hal tersebut. Kemudian, analisis perbandingan terhadap kebutuhan belajar dan kendala yang di alami di perguruan tinggi menjadi titik tolak yang menjadi dasar perancangan konten game. Game dengan pendekatan transformative learning yang dirancang mampu menjadi gamifikasi untuk dapat mempelajari materi yang bersifat teori dan praktik secara bersamaan. Luaran dari penelitian ini dapat dipergunakan sebagai media pendukung guna menambah muatan materi dasar tipografi bagi siswa SMK program keahlian DKV di luar jam pembelajaran.