digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rayi Intan Pitasari
PUBLIC Alice Diniarti

Minat terhadap perilaku dinamis jembatan kereta cepat meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Akibat beban kecepatan tinggi tersebut jembatan mengalami efek dinamis. Umumnya, untuk semua jembatan yang dilalui kereta dengan kecepatan di atas 200 km/jam, diperlukan analisis dinamik. Jembatan Menerus Bentang Panjang pada Project Kereta Cepat Jakarta – Bandung dipilih sebagai studi untuk analisis dinamik ini. Berat gandar kereta disesuaikan dengan peraturan Chinacode (TB 10621-2014 Code for Design of High – Speed Railway, China) dan Eurocode (Eurocode NA to BS EN 1990:2003) sebagai pembanding. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mempelajari respon struktur berupa perilaku dinamik yang terjadi pada jembatan bentang panjang akibat kereta cepat terhadap pengaruh kecepatan (high speed) dan kekakuan/ketinggian pier terhadap parameter dinamik yang relevan yaitu percepatan vertical (Deck Acceleration), deformasi vertikal dan Faktor Amplifikasi Dinamik. Pemodelan struktur dilakukan dengan memberikan variasi pada ketinggian pier yakni 25 m (eksisting) 45 m dan 65 m. Untuk variasi kecepatan pada kereta digunakan adalah 100 km/jam s.d 450 km/jam. Analisis dilakukan secara riwayat waktu dengan program elemen hingga program software Midas. Dari hasil tersebut didapati bahwa nilai percepatan vertical, deformasi vertikal dan Faktor Amplifikasi Dinamik masih dalam batas peraturan Chinacode dan Eurocode