Minat terhadap perilaku dinamis jembatan kereta cepat meningkat dalam beberapa
tahun terakhir. Akibat beban kecepatan tinggi tersebut jembatan mengalami efek
dinamis. Umumnya, untuk semua jembatan yang dilalui kereta dengan kecepatan
di atas 200 km/jam, diperlukan analisis dinamik.
Jembatan Menerus Bentang Panjang pada Project Kereta Cepat Jakarta – Bandung
dipilih sebagai studi untuk analisis dinamik ini. Berat gandar kereta disesuaikan
dengan peraturan Chinacode (TB 10621-2014 Code for Design of High – Speed
Railway, China) dan Eurocode (Eurocode NA to BS EN 1990:2003) sebagai
pembanding.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mempelajari respon struktur berupa perilaku
dinamik yang terjadi pada jembatan bentang panjang akibat kereta cepat terhadap
pengaruh kecepatan (high speed) dan kekakuan/ketinggian pier terhadap parameter
dinamik yang relevan yaitu percepatan vertical (Deck Acceleration), deformasi
vertikal dan Faktor Amplifikasi Dinamik.
Pemodelan struktur dilakukan dengan memberikan variasi pada ketinggian pier
yakni 25 m (eksisting) 45 m dan 65 m. Untuk variasi kecepatan pada kereta
digunakan adalah 100 km/jam s.d 450 km/jam. Analisis dilakukan secara riwayat
waktu dengan program elemen hingga program software Midas. Dari hasil tersebut
didapati bahwa nilai percepatan vertical, deformasi vertikal dan Faktor Amplifikasi
Dinamik masih dalam batas peraturan Chinacode dan Eurocode