digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Reza Ahsanul Furqon
PUBLIC Irwan Sofiyan

Pelabuhan Multipurpose Dumai merupakan pelabuhan yang terletak di Kecamatan Medang Kampai, Kelurahan Pelintung, Kota Dumai, Provinsi Riau. Pelabuhan ini diproyeksikan sebagai pelabuhan yang akan menerima demand berupa barang kontainer dan penumpang manusia. Pada desain pelabuhan ini, kapal rencana terbesar yang dipertimbangkan sebesar 50.000 DWT. Ruang lingkup desain struktur terbatas pada desain struktur dermaga dan trestle. Struktur dermaga yang memiliki ukuran 320 meter x 50 meter akan didilatasi menjadi 4 bagian terpisah. Sedangkan struktur trestle memiliki dimensi panjang 880 meter x 15 meter akan didilatasi menjadi 22 bagian yang terpisah. Dilatasi tersebut akan disambungkan dengan expansion joint. Pada proses desain struktural, pemodelan dilakukan menggunakan bantuan software SAP2000. Secara struktural, baik dermaha maupun trestle akan didesain sebagain struktur deck-on pile. Beban-beban yang diperhitungkan meliputi beban berthing dari kapal, beban mooring saat kapal bersandar pada dermaga, beban arus, beban gelombang, beban gempa, beban mati tambahan lainnya seperti beban fender dan beban bollard, dan beban hidup seperti beban truk dan beban crane. Komponen fender dan bollard ditentukan menyesuaikan gaya yang dibutuhkan akibat kapal pada dermaga. Setelah semua beban bekerja pada struktur dermaga dan trestle sesuai kombinasi pembebanan pada ASCE 7-10 baik LRFD maupun ASD, analisis struktur perlu dilakukan seperti mengecek bentuk ragam struktur, daya dukung aksial dan lateral tanah, dan defleksi pada elemen struktural. Kombinasi pembebanan LRFD digunakan sebagai acuan desain dari aspek struktutal yang meliputi batas nilai defleksi struktur dan proses detailing penulangan untuk elemen – elemen struktur. Sedangkan pembebanan ASD akan digunakan sebagai acuan pembebanan yang akan digunakan sebagai nilai dasar hitungan analisis bidang geoteknik yaitu daya dukung izin tanah.