2022 SK PP Josephine Julia Michele K [19219001] - Abstract.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2022 SK PP Josephine Julia Michele K [19219001] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Interaxe.ID adalah bisnis yang didirikan pada tahun 2020. Interaxe.ID adalah bisnis berbasis teknologi, bergerak di dalam industry kreatif yang terkhusus untuk aksesoris. Perusahaan menyediakan teknologi percobaan virtual dalam bentuk Augmented Reality (AR) untuk bisnis aksesoris dalam menghasilkan pengalaman belanja online yang baru dan unik kepada konsumen dimana mereka dapat mencoba aksesoris secara virtual sebelum membeli produk tersebut. AR kami bertujuan untuk membantu konsumen memberi gambaran terhadap produk yang akan dibeli; kalung, anting, gelang, jam tangan, cincin, dll dari bisnis aksesoris lokal di Indonesia. Namun, saat ini perusahaan masih belum dapat merilis prototipe AR yang baru untuk tujuan pendekatan dan menyebabkan kesulitan dalam menarik klien dari bisnis aksesoris lokal karena kemampuan sumber daya manusia dan penjualan yang terbatas. Saat ini, perusahaan masih merekrut pekerja kontrak (freelance) karena Interaxe.ID belum berkembang dengan konstan dan tidak adanya profit. Tujuan dari peneilitian ini adalah untuk menentukan kelayakan finansial dari Interaxe.ID untuk menciptakan nilai bisnisnya dari prototipe AR yang disediakan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan data historis perusahaan sebagai data primer dan data sekunder melalui literatur, jurnal, dan buku. Penelitian ini juga menyertakan analisis industri menggunakan analisis PESTEL dan Porter’s Five Forces, begitupula dengan analisis perusahaan menggunakan SWOT dan laporan keuangan perusahaan. Analisis masalah di dalam perusahaan, peneliti menggunakan diagram fishbone. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kelayakan finansial dari setiap strategi perusahaan dalam menambah prototipe AR dan desain menggunakan payback period, net present value, dan internal rate of return.