digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Upaya peningkatan kualitas mobil listrik dan transportasi lainnya terus dilakukan, seperti mengembangkan baterai multifungsi yaitu baterai struktur, terutama yang berbasis serat karbon tipe function-integrated. Untuk meningkatkan sifat elektrokimia baterai struktur, serat karbon sebagai material dasar baterai struktur, perlu dimodifikasi melalui penambahan material aktif dan proses menghilangkan sizing. Pada penelitian ini akan dilakukan kajian literatur perkembangan baterai struktur berbasis serat karbon yang bertipe function-integrated dan kajian awal pembuatan anoda baterai struktur berbasis serat karbon-silikon. Dalam penelitian ini, digunakan teknik manufaktur slurry casting untuk membuat anoda baterai struktur berbasis serat karbon, dengan variasi tanpa dan dengan sizing serta penambahan silikon sebagai material aktif. Pengujian galvanostatic charge discharge dan uji tarik dilakukan untuk memperoleh sifat elektrokimia dan sifat tarik anoda. Perkembangan terkini terkait serat karbon untuk komponen baterai struktur tipe function-integrated seperti anoda, katoda, elektrolit, separator, serta manufakturnya diulas dan disimpulkan dalam kajian ini. Modifikasi serat karbon dengan penambahan silikon menghasilkan anoda Si/CF dengan areal capacity dan capacity retention sebesar 3,52 mAh/cm2 dan 59,96%, yang lebih baik dari anoda silikon, Zn/CF dan Grafit/CF. Anoda Si/CF memiliki kekuatan dan kekakuan tarik sebesar 0,56 GPa dan 17,72 GPa. Perlakuan menghilangkan sizing pada serat karbon menghasilkan anoda Si/CF-unsizing dengan areal capacity dan capacity retention yang lebih tinggi (3,52 mAh/cm2 dan 59,96%), dibandingkan dengan serat karbon yang mengandung sizing (3,13 mAh/cm2 dan 52,31%).