digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ersandhy Achmad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ersandhy Achmad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ersandhy Achmad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ersandhy Achmad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ersandhy Achmad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ersandhy Achmad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Pertumbuhan bisnis merupakan hal yang paling dasar untuk keberlangsungan bisnis pada perusahaan. Merumuskan strategi untuk meningkatkan pendapatan pada kondisi pandemi merupakan hal yang penuh untuk di beberapa sektor. Riset ini akan fokus kepada PT RED, sebuah nama yang disamarkan dari perusahaan minyak & gas yang menjalankan operasi bisnis pelumas di Indonesia. Tujuan dari riset ini adalah untuk mencari strategi bisnis terbaik untuk PT RED dalam meningkatkan pendapatan di sector pembangkitan tenaga. Metodologi riset yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menganalisa faktor external dan internal menggunakan data utama (fokus diskusi grup, wawancara, dan kuisioner) dan data pendukung (laporan internal, journal, dan buku). Analisa tersebut kemudian digunakan lebih lanjut unutk merumuskan strategi menggunakan Strategy Diamond Model dan Business Model Canvas. PT RED direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan rantai pasik melalui memaksimalkan produksi di blending plant local, memperkuat pembelian bahan baku, dan memperkuat jaringan & distribusi, dan memformulasikan strategi harga yang cocok di pasar.