ABSTRAK
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SERIOUS GAMES
UNTUK PENINGKATAN KESADARAN KEAMANAN SIBER
Oleh
Dwi Baskara Wardhana
NIM: 23220004
(Program Studi Magister Teknik Elektro)
Peningkatan pengguna internet berbanding lurus dengan peningkatan kejahatan
siber. Kejahatan siber dapat dialami oleh siapapun, termasuk oleh anak-anak.
Kejahatan siber merupakan tindakan kriminal terbanyak ketiga yang menyerang
anak-anak di indonesia. Salah satu faktor terjadinya kejahatan siber adalah
kurangnya kesadaran atas keamanan siber. Kesadaran keamanan siber dapat
meningkat dengan menambahkan pengetahuan terkait keamanan siber. Pada
penelitian ini diusulkan media peningkatan kesadaran keamanan siber yang berupa
serious games. Serious game terdiri dari lima topik pembelajaran yaitu password,
phishing dan penipuan jual beli online, data pribadi, netiquette, dan malicious
software. Serious games telah diujikan ke anak-anak, hasil pengujian menunjukkan
serious game berhasil meningkatkan pengetahuan anak terhadap keamanan siber.
Selain itu pemain juga merasa senang ketika memainkan serious games tersebut
yang ditunjukkan dari jawaban kuesioner.
Kata kunci: Kesadaran keamanan siber, kejahatan siber, serious games.