digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK - Dwi Baskara Wardhana
PUBLIC Open In Flip Book Didin Syafruddin Asa, S.Sos

ABSTRAK PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SERIOUS GAMES UNTUK PENINGKATAN KESADARAN KEAMANAN SIBER Oleh Dwi Baskara Wardhana NIM: 23220004 (Program Studi Magister Teknik Elektro) Peningkatan pengguna internet berbanding lurus dengan peningkatan kejahatan siber. Kejahatan siber dapat dialami oleh siapapun, termasuk oleh anak-anak. Kejahatan siber merupakan tindakan kriminal terbanyak ketiga yang menyerang anak-anak di indonesia. Salah satu faktor terjadinya kejahatan siber adalah kurangnya kesadaran atas keamanan siber. Kesadaran keamanan siber dapat meningkat dengan menambahkan pengetahuan terkait keamanan siber. Pada penelitian ini diusulkan media peningkatan kesadaran keamanan siber yang berupa serious games. Serious game terdiri dari lima topik pembelajaran yaitu password, phishing dan penipuan jual beli online, data pribadi, netiquette, dan malicious software. Serious games telah diujikan ke anak-anak, hasil pengujian menunjukkan serious game berhasil meningkatkan pengetahuan anak terhadap keamanan siber. Selain itu pemain juga merasa senang ketika memainkan serious games tersebut yang ditunjukkan dari jawaban kuesioner. Kata kunci: Kesadaran keamanan siber, kejahatan siber, serious games.