digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Efraim Josua Pratama
PUBLIC Dewi Supryati

PT Rasa Dapur Nusantara merupakan sebuah perusahaan yang saat ini bergerak di dalam industri trading, ekspor, dan juga impor. Saat ini perusahaan mengalami permasalahan pada kegiatan penjualan terutama dalam memproses pesanan yang volume nya semakin tinggi, yang mengakibatkan operasional berjalan lambat dan menyebabkan bottle neck di operasional perusahaan. Dengan menggunakan analisis diagram Ishikawa, ditemukan bahwa akar permasalahan dari masalah tersebut adalah belum terstrukturnya proses bisnis. Dari hasil analisis akar masalah tersebut, diberikan solusi kepada PT Rasa Dapur Nusantara, khususnya didalam divisi Sales dan Marketing untuk membuat Transaction Processing System. Oleh karena itu, penelitian kali ini bertujuan untuk membuat rancangan Transaction Processing System serta perbaikan proses bisnis bagi divisi Sales dan Marketing. Dalam merancang Transaction Processing System, penelitian ini menggunakan metode FAST yang memanfaatkan pendekatan model. Terdapat dua model yang digunakan dalam penelitian, yang pertama adalah pemodelan proses lalu yang kedua adalah pemodelan data. Penelitian juga dilengkapi dengan perancangan interface sebagai visualisasi hasil rancangan model yang disusun. Dari hasil penelitian, PT Rasa Dapur Nusantara akan dapat menyelesaikan masalah mereka melalui adanya rancangan Transaction Processing System dalam rupa data flow diagram, decomposition diagram, entity relationship diagram, interface design serta usulan proses bisnis yang sudah mendukung operational flow dari rancangan sistem. Rancangan sistem informasi yang disusun dapat membantu perusahaan khususnya divisi Sales dan Marketing untuk dapat mengotomasi proses pemesanan dan mempermudah reporting kepada pihak yang berkepentingan.