digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 1 Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 2 Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 3 Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 4 Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 5 Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

BAB 6 Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

PUSTAKA Annisaa Nurfitriyana
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

Kawasan sentra tekstil Cigondewah Kaler adalah bagian dari sentra tekstil Cigondewah, yang merupakan kawasan sentra tekstil terbesar di Jawa Barat, yang berperan penting dalam perkembangan industri fashion di Kota Bandung, bahkan Indonesia. Para pedagang di kawasan sentra tekstil Cigondewah Kaler menjual material clothing fasteners (ragam aksesoris pengikat tekstil), seperti: ritzleting, webbing, buckle, tali sepatu dan lainnya. Sejak pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease-19) mewabah secara global, kawasan sentra tekstil Cigondewah Kaler pun terdampak secara ekonomi dan sosial. Terjadi perlambatan sirkulasi dagang yang menyebabkan menurunkan keuntungan para pedagang serta penumpukan barang di area pertokoan yang berpotensi menjadi deadstock. Melalui pendekatan keilmuan desain, dilakukan upaya pencarian alternatif solusi. Tahapan penelitian diawali dengan melakukan wawancara kepada pedagang serta terhadap petugas di kantor pemerintahan Kelurahan Cigondewah Kaler untuk megumpulkan data yang diperlukan terkait penelitan. Dilanjutkan dengan proses eksperimentasi material dengan pendekatan upcycling, dengan menggunakan teknik anyam. Setelah tercipta sampel hasil eksperimen, berupa sampel tekstil dan sampel produk yang terdiri dari tiga kategori produk (produk interior, fashion, dan aksesoris fashion), dilakukan pengujian menggunakan kuesioner kepada target pasar yang dituju pada penelitian ini. Target pasar yaitu masyarakat urban dewasa muda berusia 25-40 tahun yang tinggal di berbagai kota besar di Indonesia. Pengujian dilakukan guna mengetahui kecenderungan selera, keinginan dan kebutuhan responden terkait pengembangan produk. Hasil olahan data kuesioner kemudian diinterpretasikan dan diaplikasikan ke dalam pengembangan produk, yang kemudian diujikan kembali melalui analisis produk dan kuesioner terhadap responden. Penelitian bertujuan untuk menaikkan nilai dari material clothing fasteners melalui pendekatan upcycling, sehingga menjadi solusi secara tidak langsung bagi pedagang di kawasan sentra tekstil Cigondewah Kaler, pasca terdampak secara ekonomi dan sosial akibat pandemi Covid-19.