digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TS PP KAFFAH IMANUDDIN M.R.S. 1.pdf ]
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Kaligrafi bertransformasi dalam berbagai bentuk, salah satunya menjadi ornamen dalam sebuah obyek T-shirt. Pada sebagian besar kelompok remaja muslim euforia ‘hijrah’ menjadi gambaran bahwa hadirnya gerakan sosial yang dapat menjadi aspek perubahan sosial dengan menjadikan simbol agama sebagai sesuatu yang menarik bagi kalangan generasi muslim milenial. Persepsi visual merupakan proses dari membangun imagi yang ditangkap kemudian dilebur bersama pengalaman mengindra dan kognitifnya, sehingga menghasilkan makna terhadap apa yang dilihat. Dalam sudut pandang estetika, berdasarkan aspek keilmuan dapat dibedah menggunakan instrumennya. Hal ini akan dapat menggali korelasi antara kandungan pesan dari visual dan estetika dari visual tersebut menurut persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang mengkaji desain visual t-shirt, dan metode kuantitatif untuk menggali Persepsi visual menurut kelompok remaja muslim di Bandung. Dari konsep desain pada T-Shirt Supersantri ini bukan hanya berkepentingan untuk persoalan niaga, tapi lebih dari itu bertjuan untuk dakwah, pembelajaran, dan motivasi identitas. Berdasarkan elemen layout mayoritas kaligrafi pada T-shirt menampilkan kaligrafi Arab bergaya kufi dengan ketebalan yang sedang, teks latin dan gambar yang dipadukan menjadi jenis kaligrafi kontemporer Neo-tradisi. Bentuk kaligrafi kontemporer yang digunakan berada diantara bentuk sederhana dan bentuk rumit, artinya tidak terlalu sederhana atau tidak terlalu rumit. Warna dingin mendominasi tampilan dengan banyak menggunakan keseimbangan simetris. Kesatuan bentuk yang paling banyak digunakan adalah posisi memusat berbentuk persegi sesuai bidang dada. Alasan remaja Muslim tertarik dan tidak tertarik terhadap desain gafis T-shirt, paling banyak berdasarkan unsur bentuk. Kemudahan mengenali bentuk huruf Arab dan kemudahan membaca kaligrafi Arab tidak menjadi alasan bagi para remaja muslim untuk merasa tertatrik pada desain T-shirt, disamping alasan remaja Muslim merasa tertarik terhadap desain grafis T-shirt, juga karena sering mendengar bunyi bacaannya