Cover
PUBLIC karya Abstrak
PUBLIC karya Abstract
PUBLIC karya
Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Kata Pengantar
PUBLIC karya
BAB I
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB II
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB III
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB IV
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
BAB V
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Daftar Pustaka
PUBLIC karya
Lampiran
Terbatas karya
» ITB
Terbatas karya
» ITB
Sebuah permainan awalnya dimainkan secara tradisional. Kini, game bisa dimainkan dengan
menggunakan perangkat keras berupa ponsel pintar. Dengan adanya teknologi gaming saat ini,
banyak jenis permainan bermunculan. Salah satunya adalah game kasual. Aplikasi The Demite
yang dikembangkan oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung ini berupa video game
tentang cara menangkap hantu menggunakan pengucapan. Game tersebut memanfaatkan
teknologi lokasi berbasis Augmented Reality dimana GPS dibutuhkan untuk membuat peta
digital dan juga untuk menemukan, menangkap dan melawan benda-benda hantu tersebut.
Benda hantu ini juga menggunakan teknologi augmented reality. Metode Convolutional
Neural Network (CNN) pada penempatan objek hantu di aplikasi demite menjadi solusi yang
tepat untuk menentukan di mana objek hantu ditempatkan.
Pengujian dilakukan pada peta digital, pengenalan objek hantu, performance efficiency,
RabbitMQ, akurasi GPS dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian peta digital menggunakan
Unity dan ponsel pintar menunjukan bahwa tile berisi data informasi peta dapat
diimplementasikan pada sisi client dan server, informasi peta diperoleh dari OpenStreetMap.
Hasil pengujian pengenal objek hantu dapat dimplementasikan pada 3 kategori yaitu pohon,
botol dan mobil yang memiliki tingkat keakurasian yang tinggi. Hasil uji coba dan evaluasi
model selama 10 kali percobaan terhadap tiga jenis citra menunjukan akurasi pohon sebesar
75,79%, botol sebesar 70,95% dan mobil sebesar 70,83%. Hasil pengujian performance
efficiency menunjukan penggunaan memori berkisar antara 40 sampai dengan 80 MB dengan
penggunaan CPU sebesar 4,5%. Hasil penggujian RabbitMQ menunjukan ukuran message dari
RabbitMQ tidak lebih dari 40kB.. Hasil pengujian GPS pada 50 titik lokasi di Kota Bandung
menunjukan rata-rata tingkat akurasi pada aplikasi adalah 57,72 meter yang tergolong kurang
tepat. Hasil nilai kepuasa pengguna secara keseluruhan memiliki nilai 87%. Iini membuktikan
bahwa game ini mendapatkan respon positif dari pengguna.