digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB

Kata Pengantar
PUBLIC karya

BAB I
Terbatas karya
» ITB

BAB II
Terbatas karya
» ITB

BAB III
Terbatas karya
» ITB

BAB IV
Terbatas karya
» ITB

BAB V
Terbatas karya
» ITB

Daftar Pustaka
PUBLIC karya

Lampiran
Terbatas karya
» ITB

Sebuah permainan awalnya dimainkan secara tradisional. Kini, game bisa dimainkan dengan menggunakan perangkat keras berupa ponsel pintar. Dengan adanya teknologi gaming saat ini, banyak jenis permainan bermunculan. Salah satunya adalah game kasual. Aplikasi The Demite yang dikembangkan oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung ini berupa video game tentang cara menangkap hantu menggunakan pengucapan. Game tersebut memanfaatkan teknologi lokasi berbasis Augmented Reality dimana GPS dibutuhkan untuk membuat peta digital dan juga untuk menemukan, menangkap dan melawan benda-benda hantu tersebut. Benda hantu ini juga menggunakan teknologi augmented reality. Metode Convolutional Neural Network (CNN) pada penempatan objek hantu di aplikasi demite menjadi solusi yang tepat untuk menentukan di mana objek hantu ditempatkan. Pengujian dilakukan pada peta digital, pengenalan objek hantu, performance efficiency, RabbitMQ, akurasi GPS dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian peta digital menggunakan Unity dan ponsel pintar menunjukan bahwa tile berisi data informasi peta dapat diimplementasikan pada sisi client dan server, informasi peta diperoleh dari OpenStreetMap. Hasil pengujian pengenal objek hantu dapat dimplementasikan pada 3 kategori yaitu pohon, botol dan mobil yang memiliki tingkat keakurasian yang tinggi. Hasil uji coba dan evaluasi model selama 10 kali percobaan terhadap tiga jenis citra menunjukan akurasi pohon sebesar 75,79%, botol sebesar 70,95% dan mobil sebesar 70,83%. Hasil pengujian performance efficiency menunjukan penggunaan memori berkisar antara 40 sampai dengan 80 MB dengan penggunaan CPU sebesar 4,5%. Hasil penggujian RabbitMQ menunjukan ukuran message dari RabbitMQ tidak lebih dari 40kB.. Hasil pengujian GPS pada 50 titik lokasi di Kota Bandung menunjukan rata-rata tingkat akurasi pada aplikasi adalah 57,72 meter yang tergolong kurang tepat. Hasil nilai kepuasa pengguna secara keseluruhan memiliki nilai 87%. Iini membuktikan bahwa game ini mendapatkan respon positif dari pengguna.