digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Okta Paulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Ekacitta Dian Persada (EDP) merupakan perusahaan supplier bahan-bahan yang fokus pada bidang makanan, farmasi dan produk perawatan pribadi. Perusahaan ini berdiri sejak Oktober 1996 dibawah naungan MUGI Grup. Dalam menjalankan binisnya, EDP sangat bergantung pada kinerja dan pertumbuhan penjualannya. Pertumbuhan penjualan adalah ujung tombak keberlanjutan perusahaan. Akan tetapi, EDP mengalami kendala dimana terjadi penurunan pertumbuhan penjualan pada tahun 2018 ke 2019 dengan penurunan dari 10,50% menjadi (-20,19%). Penurunan pertumbuhan penjualan ini terjadi dikarenakan adanya pergantian CEO, dimana CEO baru mencanangkan perubahan secara tiba-tiba di organisasi dan sistem manajemen di EDP. Faktor internal yang memicu adanya perubahan adalah efisiensi sumber daya yang dalam hal ini adalah karyawan dimana peran technical support dianggap tidak efisien. Eksternal faktor yang memicu adanya perubahan adalah banyaknya daftar industri pangan yang belum menjadi pelanggan reguler di Divisi Bahan Makanan, EDP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian terhadap inisiatif manajemen perubahan dan pelaksanaanya di Divisi Bahan Makanan, EDP serta untuk memberikan rekomendasi terkait praktik manajemen perubahan yang lebih baik untuk pimpinan dan karyawan di perusahaan. Untuk mencapai objektif dari penelitian ini, penulis menggunakan kerangka manajemen perubahan yaitu Kotter 8-step model untuk level pimpinan dan ADKAR model untuk tenaga penjual. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa hampir semua tenaga penjual tidak siap untuk perubahan tersebut sehingga hal ini berdampak pada performa penjualan dan pencapaian penjualan. Pelaksanaan perubahan yang dilakukan secara mendadak, menyebabkan tidak adanya waktu untuk melakukan adaptasi terkait perubahan ini. Serta kurangnya pelatihan tentang informasi perubahan dan informasi mengenai data produk. Hal ini berdampak pada penurunan performa penjualan yang juga seiring dengan turunnya pertumbumbuhan penjualan. Artinya perubahan yang terjadi di Divisi Bahan Makanan, EDP tidak efektif dan efisien dalam menaikkan pertumbuhan penjualan. Banyak perbaikan yang harus dilakukan, salah satunya adalah menggunakan kerangka manajemen perubahan sebagai arahan sehingga perubahan ini bisa lebih jelas dan memiliki dampak positif, terutama dalam menaikkan pertumbuhan penjualan di Divisi Bahan Makanan, EDP.