digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak: Perubahan-perubahan yang terjadi dalam era globalisasi ini terjadi sangat cepat. Jonas Photo sebagai suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa harus dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggannya. Hal tersebut merupakan faktor yang sangat panting bagi perusahaan agar dapat terus bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara program kesejahteraan karyawan yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan kepuasan kerja karyawan operasional Jonas Photo. Tingkat kepuasan kerja yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas karyawan sehingga pelanggan merasa puas dan akan merujuk pada pendapatan yang diperoleh akan meningkat pula dan merupakan profit bagi perusahaan. Teori program kesejahteraan karyawan yang digunakan dari WERTHER, Jr & DAVIS (1993) dan FLIPPO (1984), sedangkan untuk tingkat kepuasan kerja menggunakan teori dari LUTHANS (1995) dan ROBBINS (1996). Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner. Sampel yang diteliti dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah sebanyak 118 orang dari populasi 170 orang berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kepercayaan 95%. Variabel-variabel penelitian diukur dengan menggunakan skala Likert. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa Rank Spearman, sedangkan untuk mengetahui adanya hubungan yang kuat atau tidak, dilakukan dengan menggunakan ukuran dari CHAMPION (1981). Dari hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang kuat dari program kesejahteraan karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan bagian operasional Jonas Photo, sehingga program kesejahteraan yang ada dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan secara berkala agar dapat lebih memberikan kepuasan kerja karyawan operasional perusahaan.