digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Andien Diana
PUBLIC sarnya







DAFTAR Andien Diana
PUBLIC sarnya

2021_TS_PP_ ANDIEN_DIANA_JURNAL.pdf)u
Terbatas sarnya
» ITB

Perkembangan teknologi digital memacu perkembangan banyak aspek yang kemudian merambah ke kehidupan sehari-hari. Secara perlahan teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting hingga memberikan ketergantungan yang tinggi pada kehidupan manusia. Perubahan yang cepat dalam cara berkomunikasi diiringi dengan penciptaan konten oleh pengguna media sosial, salah satunya pada wisatawan. Calon wisatawan dimungkinkan untuk belajar mengenai peluang perjalanan baru serta dapat mengenal lebih jauh tujuan wisata. Disamping itu, wisatawan juga dapat membagi aktivitas sosial berupa informasi, foto, video dan sebagainya, kapan saja dan dimana saja selama melakukan perjalanan. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh wisatawan untuk membagikan pengalaman berwisata di media sosial secara langsung. Salah satu contoh dari fenomena membagi pengalaman secara online ini adalah dengan membuat konten video blog atau vlog yang kemudian diunggah dalam platform tertentu seperti Youtube. Vlog diyakini memiliki reputasi dan kredibilitas yang tinggi karena apa yang dibagikan telah dialami oleh vlogger sebelumnya. Dengan kata lain pembuat konten sudah mengalami pengalaman sebelum membagikan informasinya. Penelitian ini mencoba untuk melihat praktek penggunaan vlog pasca perjalanan pariwisata dengan menggunakan extended semiotic model analysis, untuk melihat makna (meaning) ada yang ada di dalam dari vlog sebagai sebuah tanda (sign). Selain itu, kajian ini juga melihat bagaimana praktek tersebut dijalankan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengembangan pariwisata Indonesia.