digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam era masa kini, platform digital memainkan peran yang sangat signifikan dalam mempengaruhi preferensi dan sikap konsumen. Pencipta konten pada platform digital seperti YouTube menjadi tokoh aspirasional yang memiliki pengaruh kuat di benak konsumen. Tulisan ini bertujuan untuk menentukan dampak dari ulasan produk kosmetik drugstore oleh beauty vloggers di situs YouTube terhadap niat beli oleh mahasiswi di Indonesia. Dalam rangka menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli, variabel dari Source Credibility Model akan digunakan. Source Credibility Model juga diproyeksikan sebagai sarana untuk mengevaluasi faktor-faktor kualitas yang diberikan oleh beauty vloggers pada video mereka. Selain itu, dimensi trustworthiness, expertise dan attractiveness dari Source Credibility Model diproyeksikan ke dalam sikap konsumen secara keseluruhan untuk menentukan dampak terhadap niat beli. Penulis telah mengumpulkan data primer berupa kuesioner online serta sumber data sekunder termasuk jurnal, buku, dan artikel. Selain itu, metode penelitian kuantitatif digunakan untuk menguji pengetahuan dan preferensi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi-dimensi dari Source Credibility Model telah secara kuat mempengaruhi niat beli konsumen melalui video yang disajikan oleh beauty vloggers di situs YouTube. Pada akhirnya, penelitian ini akan memberikan kontribusi untuk sektor akademis dan praktis dalam mengeksplorasi dampak dari platform digital terhadap preferensi serta sikap konsumen. Selain itu, penelitian ini juga akan mendorong merek kosmetik untuk menyadari pentingnya pencipta konten dan platform digital serta menggunakannya sebagai cara baru pemasaran.