digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2001_TS_PP_ADHARIAN_1.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

Abstrak :Salah satu cara untuk mendapatkan karakteristik dinamik dari kendaraan adalah dengan melakukan pengujian pada skala laboratorium. Pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan data beban operasi kendaraan antara roda kendaraan dengan permukaan jalan pada gaya vertikal. Dengan menggunakan dua sensor yaitu sensor akselerometer dan sensor simpangan akan diamati besarnya amplituda pengukuran pada tiap-tiap data hasil pengujian dalam domain frekuensi dari kendaraan yaitu pada frekuensi 0-40 Hz dan tiga buah data input yang mewakili jenis jalan baik (DFBBT1), sedang (DFBBT2) dan jelek (DFNLT1) yang merupakan data beban operasi kendaraan. Data dari sensor simpangan akan didiferensiasikan dua kali yang kemudian dibandingkan dengan data dari sensor percepatan untuk mendapatkan fungsi alih (transfer function) antara roda kendaraan dengan permukaan jalan. Fungsi alih tersebut ditampilkan dalam domain waktu dan frekuensi. Dari hasil analisa fungsi alih dalam domain frekuensi terhadap ketiga input pengukuran di dapat suatu pola amplituda yang relatif sama dimana amplituda minimum berada pada frekuensi antara 11-15 Hz dan amplituda maksimum berada pada frekuensi 35-39 Hz. Hasil validasi model untuk analisa fungsi alih dengan menggunakan metode identifikasi sistem dalam domain waktu di dapat selisih kesalahan rata-rata kuadrat antara output pengukuran dan output estimasi pada masing-masing data pengukuran sangat kecil sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa karakteristik fungsi alih dari masing-masing data hasil pengukuran adalah relatif sama.