digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2000_TS_PP_SANTOSO_6.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

Abstrak : Terjadinya penggantian tak terjadwal (Unscheduled Removal) untuk rotable komponen pesawat udara kalibrasi sebelum TBO (Time Between Overhaul) menunjukkan rendahnya keandalan komponen, sehingga perlu penentuan kembali jadwal perawatannya. Dari data kerusakkan rotable komponen yang dikumpulkan, kemudian ditentukan komponen yang dianggap kritis dengan sistem multi kriteria clan sistem Veso (Vital kategori, Essensial Kategori, Support Kategori, Operation Kategori) diperoleh sampel : 1. Electronic Display Unit. 2. Fuel Pump 3. Main Gear Actuator. 4. Nose Gear Actuator. 5. Compressor Motor. 6. Brake Assembly. 7. Wheel Hub. Data kerusakan komponen sampel kemudian diuji kecocokan distribusi statistiknya, maka distribusi Weibull dua parameter dapat memenuhi model yang diusulkan. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut : Electonic Display Unit 494.79 300 96.82 Fuel Pump 652.62 600 97.35 Main Gear Actuator 648.20 300 98.82 Nose Gear Actuator 802.10 300 99.02 Compressor Motor 522.17 300 97.52 Brake Assembly 601.32 300 98.32 Wheel Hub 721.38 600 97.92