Abstrak:
Berbagai perubahan yang telah terjadi selama ini telah mempengaruhi sistem pelayanan kesehatan Penyelenggara pelayanan kesehatan saat ini dituntut untuk senantiasa meningkatkan mutu pelayanan, baik mutu pelayanan kegiatan primer maupun mutu pelayanan kegiatan pendukungnya demi tercapainya kepuasan pelanggan, dan salah satu parameter mutu yang umum dipakai dalam pelayanan jasa adalah kecepatan pelayanan.
Rumah sakit Santo Yusup saat ini mengalami kendala dalam hal kecepatan memberikan pelayanan administrasi khususnya pelayanan memberikan informasi jumlah tagihan biaya perawatan pasien rawat inap pada suatu saat tertentu sewaktu pasien masih dirawat atau pada saat pasien pulang terutama bila pasien pulang mendadak.
Kendala pelayanan tersebut timbul akibat dari lambatnya proses penghitungan biaya yang disebabkan karena proses tersebut dilakukan secara sentralisasi dan data-data transaksi pasien diproses secara batch processing , sehingga terjadi "sumbatan " informasi dipusat penghitungan.
Perbaikan proses penghitungan diusulkan melalui Business Process Re-engineering secara clean sheet approach, dimana proses penghitungan tidak dilakukan secara sentralisasi melainkan dilakukan secara desentralisasi di bagian-bagian dimana pasien dirawat dan data-data transaksi diolah secara online entry with immediate processing.