COVER Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muhammad Hanif Prasetia
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis off-design turbin aksial untuk mengetahui
performa turbin dari turbojet micro komersial yang ada di pasar. Analisis ini nantinya
dapat diaplikasikan untuk membuat replika dari turbin tersebut atau untuk membuat
inovasi yang berkaitan dengan turbin tersebut. Metode yang digunakan dalam analisis
turbin ini adalah metode numerik menggunakan computational fluid dynamics
(CFD).Turbin aksial yang dianalisis memiliki diameter hub 35 mm, diameter tip 70 mm
dengan jumlah sudu NGV dan rotor masing-masing 15 dan 23 Geometri rinci dari turbin
diperoleh melalui proses 3D scanning menggunakan alat vivid 9i. Analisis CFD
dilakukan dengan menggunakan software ANSYS pada kondisi analisis steady 3D
dengan model turbulensi SST. Kondisi batas yang digunakan adalah tekanan total pada
inlet, tekanan statik pada outlet, dan kondisi tak slip pada semua permukaan/dinding.
Hasil yang didapatkan dari analisis ini berupa grafik performa turbin, grafik effisiensi
turbin dan segitiga kecepatan turbin.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan RPM berpengaruh terhadap
penambahan effisiensi turbin namun tidak menunjukkan pengaruh signifikan pada turbin
ketika mengalami choking sedangkan ekspansion ratio pada turbin tidak memberikan
pengaruh signifikan terhadap effisiensi turbin namun penambahan rasio tekanan akan
menambah aliran massa dari turbin hingga mengalami choking. Setelah mengalami
choking penambahan nilai rasio tekanan tidak mempengaruhi jumlah aliran massa.