Jajak Pendapat bergerak dalam bisnis online survey panel, proses bisnis utama Jajak Pendapat adalah
menghubungkan peneliti dengan panel yang bersedia untuk mengisi kuesioner peneliti, menganalisis
hasil survei, dan memberi konsultasi kepada peneliti berdasarkan hasil analisis survei. Namun,
peningkatan total panel tidak beriringan dengan jumlah panel aktif setiap bulannya, sedangkan salah
satu company value utama yang ditawarkan oleh Jajak Pendapat adalah kecepatan hasil survei, yang
bergantung pada kecepatan terpenuhinya data dari panel yang juga bergantung pada jumlah panel aktif.
Untuk membangkitkan aktivitas dari panelnya Jajak Pendapat sudah mengimplementasi berbagai
usaha-usaha CRM, namun usaha-usahanya belum mempertimbangkan konsep personalisasi kepada
pelanggan potensial.
Salah satu metode yang digunakan untuk menentukan pelanggan potensial adalah CLV. Pada penelitian
ini perhitungan CLV setiap panel Jajak Pendapat menggunakan model Pareto/NBD Schmittlein &
Peterson (1987). Model Pareto/NBD digunakan untuk transaksi yang bersifat non-contractual. Pada
penelitian kali ini dilakukan intervensi pada model Pareto/NBD dikarenakan adanya indikasi systematic
bias. Pada penelitian ini, intervensi yang dipilih adalah metode prediksi gap dengan regresi linear
karena memberikan prediksi yang tidak jauh berbeda dengan metode rata-rata, namun memiliki
kemampuan prediksi yang baik. Setelah menemukan nilai CLV setiap panel dilakukan segmentasi panel
dengan konsep Raaij, Vernooij, & Triest (2003) dengan pengubahan sesuai dengan konsep Kotler &
Keller (2012, p. 132). Segmen-segmen yang terbentuk adalah top, large, medium, small, dan loose
panel. Setelah segmentasi berdasarkan CLV dilakukan, dibentuk profil segmen berbasis variabel
demografis panel. Kemudian dibentuk usulan strategi retensi dan anggaran belanja berbasis kontribusi
profit setiap segmen kepada perusahaan. Usulan-usulan strategi retensinya adalah rewards bertarget
dan program loyalitas yang terdiri dari tier system reward, fee for VIP member, dan non-monetary
program.