COVER Joko Mulyono
Terbatas Rina Kania
» ITB
Terbatas Rina Kania
» ITB
BAB 1 Joko Mulyono
Terbatas Rina Kania
» ITB
Terbatas Rina Kania
» ITB
BAB 2 Joko Mulyono
Terbatas Rina Kania
» ITB
Terbatas Rina Kania
» ITB
BAB 3 Joko Mulyono
Terbatas Rina Kania
» ITB
Terbatas Rina Kania
» ITB
BAB 4 Joko Mulyono
Terbatas Rina Kania
» ITB
Terbatas Rina Kania
» ITB
BAB 5 Joko Mulyono
Terbatas Rina Kania
» ITB
Terbatas Rina Kania
» ITB
PUSTAKA Joko Mulyono
Terbatas Rina Kania
» ITB
Terbatas Rina Kania
» ITB
Baterai lithium merupakan baterai yang sangat populer beberapa tahun belakang ini. Saat ini merupakan masa transisi dimana energi fosil mulai sedikit demi sedikit digantikan oleh energi terbarukan dan baterai berperan penting di sini sebagai penyimpan energi. Salah satu teknologi baterai yang sangat cocok untuk penyimpanan energi listrik salah satunya adalah lithium – ion. Baterai lithium merupakan baterai yang mahal sehingga banyak penelitian yang bertujuan meneliti degradasi performa dari baterai lithium – ion ini. Degradasi kapasitas akibat dari efek pengisian dan pengaruhnya terhadap hambatan dalam menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan baterai komersial, metode pengisiannya menggunakan Constant Current – Constant Voltage (CC – CV).
Pada penelitian ini juga akan di analisis peningkatan hambatan dalam yang terjadi akibat metode pengisian CC – CV. Pada siklus pertama hambatan dalam baterai bernilai 157,677 mOhm ketika sudah melewati 200 siklus hambatan dalam menjadi 162,684 mOhm. Pada penelitian ini juga dilakukan prediksi umur baterai dengan menggunakan Mesin Vektor Pendukung (MVP) dan Hutan Acak/Random Forest. Dengan menggunakan metode Random Forest dihasilkan: MSE: 584.925 RMSE: 24.1485, R2: 0.675, Mape: 0.74%. Dengan menggunakan metode MVP dihasilkan: MSE: 435.381, RMSE: 20.866, R2: 0.758, Mape: 0.65%.