digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Telah dilakukan penelitian mengenai desain intake untuk pesawat tempur Indonesia. Pesawat tempur ini memiliki kemampuan terbang hingga kecepatan Mach 2 pada ketinggian terbang 50.000 feet. Intake ini memiliki konfigurasi rectangular dengan dua sudut ramp menggunakan tipe kompresi secara eksternal. Desain intake ini bertujuan untuk mendapatkan konfigurasi intake dengan maksimum pressure recovery. Merujuk pada Military Specification JSSG 2007A, untuk intake yang beroperasi pada kecepatan Mach 2, pressure recovery yang dicapai minimum sebesar 92.5 persen. Pada penelitian ini dilakukan analisis secara perhitungan analitik dan komputasi. Hasil analitik menunjukkan bahwa konfigurasi tersebut, pressure recovery yang diperoleh sebesar 95,6 persen. Analisis komputasi dilakukan dengan mengunakan perangkat lunak ANSYS FLUENT pada model 2D dan 3D. Hasil komputasi menunjukkan bahwa model 2D dan 3D sudah memenuhi nilai pressure recovery yang diberikan oleh JSSG 2007A.