digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Chresko Willie
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

Tesis ini membahas tentang desain dan analisis waverider scramjet intake untuk kondisi penerbangan hipersonik dengan kecepatan yang ditandai oleh Mach number sebesar 11.5 sampai dengan 12.5 dan ketinggian penerbangan antara 100000 kaki sampai dengan 140000 kaki. Mesin scramjet menghasilkan gaya dorong dengan menurunkan kecepatan aliran udara dari aliran hipersonik menuju ke aliran supersonik sebelum melalui zona pembakaran. Penurunan kecepatan aliran udara terjadi pada bagian intake yang posisinya terletak di bagian depan mesin. Nilai gaya dorong yang besar dapat dihasilkan melalui desain intake untuk memenuhi kondisi aliran supersonik sebelum masuk ke zona pembakaran. Desain awal dan analisis dibuat dengan referensi terhadap desain mesin REST pada kecepatan hipersonik yang ditandai oleh nilai Mach number sebesar 12 dan ketinggian penerbangan pada 120000 kaki. Beberapa kondisi off design dibuat dengan variasi Mach number sebesar 0.5 dan variasi ketinggian penerbangan sebesar 20000 kaki terhadap kondisi awal. Desain dilakukan dengan metode analitik dan konfigurasi desain akan dianalisis menggunakan metode dinamika fluida komputasi (CFD). Lebih lanjut, tesis ini berfokus pada desain waverider scramjet intake dengan 2 ramp dan sebuah cowl untuk kompresi aliran udara hipersonik pada daerah intake. Performa pada scramjet intake akan ditentukan oleh nilai Inlet Pressure Recovery (IPR).