ABSTRAK Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira BAB 1 Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira BAB 2 Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira BAB 3 Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira BAB 4 Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira BAB 5 Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira BAB 6 Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira DAFTAR Achmad Muamar Vebrianto
PUBLIC Yoninur Almira 2019 TS PP ACHMAD MUAMAR VEBRIANTO_LAMPIRAN.pdf)u
PUBLIC Yoninur Almira 2019 TS PP ACHMAD MUAMAR VEBRIANTO_JURNAL.pdf?
PUBLIC Yoninur Almira
Bandar Udara Juanda dapat dianggap sebagai bandar udara alternatif bagi
penumpang Bandar Udara Abdulrachman Saleh mengingat jarak antar bandar udara
tidak terlalu jauh sekitar 86 km dan rute menuju bandar udara tujuan juga tersedia
di Bandar Udara Juanda. Faktor yang membuat penumpang enggan menggunakan
Bandar Udara Juanda adalah seringnya terjadi kemacetan di jalan yang
menghubungkan Kota Surabaya dan Kota Malang. Jalan tol Pandaan – Malang
yang merupakan bagian dari jalan tol yang menghubungkan Kota Surabaya dan
Kota Malang telah diresmikan pada tahun 2019. Kehadiran jalan tol diharapkan
dapat mempercepat waktu perjalanan antar kota dan mengurangi kemacetan.
Penelitian ini akan melakukan identifikasi faktor yang mempengaruhi pemilihan
bandar udara serta perhitungan potensi perpindahan penumpang pesawat udara di
Bandar Udara Abdulrachman Saleh yang berpindah menggunakan Bandar Udara
Juanda sebagai dampak beroperasinya jalan tol Surabaya – Malang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dan analisis regresi logistik untuk menghitung
probabilitas pemilihan Bandar Udara Juanda oleh penumpang pesawat udara di
Bandar Udara Abdulrachman Saleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor
yang mempengaruhi pemilihan bandar udara mulai dari yang paling penting adalah
waktu tempuh menuju bandar udara, jarak tempuh menuju bandar udara, pilihan
jadwal penerbangan, dan biaya transportasi menuju bandar udara. Berdasarkan hasil
model regresi logistik, didapatkan hasil bahwa penggunaan jalan tol
Surabaya – Malang menghasilkan kenaikan probabilitas pemilihan Bandar Udara
Juanda rata – rata sebesar 0,48 % jika dibandingkan menggunakan jalan non tol.
Hasil model regresi logistik pemilihan Bandar Udara Juanda sebagai berikut:
ln (????1 ? ???? ) = ?3,7850 + 1,0310 ????????????????????????????_????????????????????????_1 ? 1,0870 ????????????????????????????????_4? 0,017 ????????????????????_????????????_????????????????????????_???????????? ? 12,56 ????????????????_2