digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 1 Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 2 Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 3 Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 4 Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 5 Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 6 Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

DAFTAR Slamet Febrianto
PUBLIC Yoninur Almira

9. LAMPIRAN.pdf?_
PUBLIC Yoninur Almira

Terdapat pandangan bahwa truk barang cenderung akan menghindari jalan tol untuk menghemat biaya perjalanan. Namun jika dihadapkan pada waktu perjalanan yang terbatas dan kemacetan kawasan perkotaan kondisinya bisa berbeda. Perilaku perjalanan truk yang jelas berbeda dengan kendaraan pribadi menggiring munculnya pertanyaan tentang bagaimana sebenarnya truk menentukan rutenya. Kasus yang ada di Kawasan Metropolitan Jakarta ini akan memberikan gambaran tentang pemilihan rute truk barang antara rute tol dan non tol jika menghadapi tingkat kemacetan tertentu. Data yang digunakan adalah rangkuman perjalanan yang dilakukan oleh truk dalam waktu tertentul. Analisis pemilihan rute berdasarkan Prinsip Kesetimbangan Wardrop dan analisis regresi logistik digunakan untuk menjelaskan pemilihan rute dan proses pengambilan keputusan yang ada di dalamnya. Hasilnya, rute yang dipilih oleh truk barang, akan dipengaruhi oleh kondisi lalu-lintas yang ada di alternatif rute lainnya dan waktu tempuh yang ingin dicapai oleh pengemudi truk itu sendiri. Perjalanan pada siang hari hampir pasti akan menggunakan rute jalan tol, sementara pada malam hari pilihan rute akan semakin variatif namun menunjukan kecenderungan untuk melewati rute non-tol untuk menghemat biaya perjalanan.